Selasa 13 Apr 2021 20:05 WIB

Iran Uji Coba Sentrifugal Nuklir Canggih Terbaru

Rouhani menekankan Iran tidak mencari senjata nuklir.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Iran Uji Coba Sentrifugal Nuklir Canggih Terbaru. Dalam foto file ini dirilis 16 Januari 2021, oleh Pengawal Revolusi Iran, sebuah rudal diluncurkan dalam sebuah latihan di Iran. Upaya awal pemerintahan Biden untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015 mendapat tanggapan awal yang dingin dari Teheran. Meskipun hanya sedikit yang mengharapkan terobosan di bulan pertama pemerintahan baru, garis keras Iran menunjukkan jalan yang sulit di depan.
Foto:

"Kami dapat melakukan industrialisasi mesin ini tanpa ketergantungan apa pun di luar negeri," kata insinyur yang menjawab pertanyaan Rouhani

Di tempat tersebut juga sebuah unit untuk merakit dan mengevaluasi sentrifugal canggih diluncurkan. Insinyur yang mempresentasikan mengatakan lebih dari setengah dari semua operasi saat ini diindustrialisasi.

"Langkah teroris" untuk meledakkan bagian dari fasilitas nuklir di Natanz tahun lalu dalam serangan yang diduga dilakukan Israel tidak menghentikan kemajuan teknologi mereka.

Di Arak, tahap kedua produksi industri senyawa deuterium di Fasilitas Reaktor Air Berat Arak diluncurkan oleh Presiden Rouhani. Ia juga mengawasi peluncuran unit darurat pertama yang bertujuan untuk mengobati luka bakar radiasi.

Setelah proyek-proyek baru diluncurkan, Rouhani menyampaikan pidato di televisi di mana dia sekali lagi menekankan Iran tidak mencari senjata nuklir. Ia mencerca kekuatan Barat karena bertindak berdasarkan anggapan semata.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement