Jumat 02 Apr 2021 04:30 WIB

Penyebab Muslim dalam Keadaan Lemah di Dunia Saat Ini

Umat Islam saat ini dinilai menjadikan ajaran agama sebagai ritual belaka

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Nashih Nashrullah
Umat Islam saat ini dinilai menjadikan ajaran agama sebagai ritual belaka. Ilustrasi umat islam
Foto:

Khan menerangkan, Alquran di setiap halaman menasihati setiap umat Muslim untuk percaya kepada Allah SWT dan melakukan perbuatan yang benar.  Keduanya, keyakinan dan terus menerus melakukan perbuatan benar, berjalan seiring.  

Banyak yang mengira bahwa tanpa melakukan amal saleh mereka akan masuk surga. Sementara Allah SWT berfirman dalam Alquran bahwa hanya mengucapkan kata-kata yang baik tidak ada artinya kecuali dibarengi dengan perbuatan baik.

"Alquran mengatakan sholat 'menahan dari kecabulan dan perbuatan keji' (29:45) tetapi doa kita hari ini gagal untuk membuat dampak nyata pada kehidupan atau karakter kita," katanya.

Alquran, ujar Khan, mengatakan bahwa seorang Muslim harus membelanjakan "Apa pun yang melebihi kebutuhan Anda" (2: 219). Sementara mayoritas dari kita tidak membayar bahkan sejumlah kecil zakat, namun jutaan Muslim di seluruh dunia menghabiskan banyak uang untuk acara-acara sosial, beli gadget paling mahal dan bersaing untuk melakukan kunjungan umrah, satu demi satu, sementara sesama Muslim kelaparan di banyak belahan dunia.

"Kami melakukan segalanya untuk mendapatkan murka Allah namun menyalahkan orang lain. Satu-satunya cara untuk keselamatan kita adalah dengan membaca Alquran, diterjemahkan jika kita tidak tahu bahasa Arab, dan dengan cermat mengikuti perintah Allah di setiap bagian hidup kita," jelas dia.

Menurut Alquran, komunitas Muslim adalah komunitas terbaik yang dibesarkan untuk umat manusia. Alquran memerintahkan kebaikan dan melarang kejahatan.  Komunitas Muslim ini belum membesarkan dirinya sendiri. Itu telah dipercayakan dengan misi untuk menjadi saksi kebenaran di hadapan umat manusia. 

"Untuk menjalankan misi ini, individu dan masyarakat Muslim pertama-tama harus kembali ke jalan yang lurus dalam pemikiran dan perilaku mereka. Hanya dengan menjalankan Islam yang benar mereka dapat memberikan kesaksian di hadapan dunia," kata dia.

 

Sumber: milligazette 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement