Kamis 01 Apr 2021 17:37 WIB

Ini Daftar Masjid dengan Arsitektur Termegah 

Masjid menjadi contoh penerapan arsitektur Islam paling luar biasa.

Rep: Zainur Mashir Ramadhan/ Red: Agung Sasongko
Suasana halaman depan Masjid Biru di Istanbul Turki.
Foto:

5. Masjidil Haram 

Masjid al-Haram, atau Masjid Suci, adalah masjid paling suci bagi umat Islam dan bisa dibilang bangunan terpenting dalam daftar ini. Jutaan Muslim di seluruh dunia setiap tahunnya melakukan perjalanan untuk melakukan shalat dan menunaikan ibadah haji di halaman Masjid Agung Mekkah.. 

Masjid ini sendiri merupakan bangunan terbesar ke-8 di dunia dan bahkan merupakan bagian dari kompleks yang sama dengan gedung tertinggi ketiga di dunia, Menara Jam Abraj Al-Bait. 

Masjid al-Haram telah mengalami perluasan dan renovasi yang tak terhitung jumlahnya sepanjang umurnya. Sebagian besar untuk menampung jamaah yang semakin banyak.

 

photo
Sebuah pemandangan menunjukkan Masjidil Haram tempat umat Islam diizinkan oleh otoritas Saudi untuk melaksanakan sholat untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan sejak pembatasan penyakit coronavirus (COVID-19) diberlakukan, di kota suci Mekkah, Arab Saudi, 18 Oktober 2020. - ( Saudi Agensi Pers / HO via REUTERS )

 

6.. Masjid Cordoba

Secara teknis, bangunan ini sejak awal memang telah mengalami berbagai perubahan. Layaknya berbagai masjid bersejarah, bangunan ini telah digunakan oleh berbagai agama sebagai situs suci. Diketahui, bangunan keagamaan pertama di situs ini adalah Basilika Kristen Katolik bernama Saint Vincent dari Saragossa.

Situs ini kemudian terbagi antara Kristen dan Muslim setelah penaklukan Umayyah atas Hispania — penaklukan yang menghancurkan Kerajaan Visigoth dan membawa pengaruh Muslim jauh ke Eropa Barat. 

Selama berabad-abad, banyak renovasi dan perluasan dilakukan di masjid, termasuk penyesuaian agar lebih memungkinkan jamaah menghadap Mekah. Sepanjang semua perubahan ini, lengkungan dua tingkat merah dan kuning tetap sama dan membantu membuat masjid ini menjadi begitu unik dan mudah dikenali. 

 

photo
Masjid Cordoba di Spanyol. - (EPA/KHALED ELFIQI)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement