Kamis 01 Apr 2021 17:37 WIB

Ini Daftar Masjid dengan Arsitektur Termegah 

Masjid menjadi contoh penerapan arsitektur Islam paling luar biasa.

Rep: Zainur Mashir Ramadhan/ Red: Agung Sasongko
Suasana halaman depan Masjid Biru di Istanbul Turki.
Foto:

3. Masjid Agung Sheikh Zayed

Bangunan masjid ini memang relatif baru selesai pada 2007 silam. Namun demikian, ini adalah masjid terbesar di seluruh Uni Emirat Arab di bawah pembangunan Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan dengan tujuan untuk menyatukan komunitas Islam.

Dari segi arsitektur masjid sendiri, bangunan ini layaknya masjid umum sebagai tempat ibadah. Kendati demikian, masjid ini menggunakan kombinasi dari gaya arsitektur berbeda dan elemen bangunan yang secara langsung terinspirasi oleh masjid tertentu. Beberapa contoh sumber inspirasi paling jelas termasuk tata letak, adalah gaya yang diambil dari Masjid Badshahi, menara Arab, dan lengkungan Moor.

photo
Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi - (aboutislam)

 

4. Hagia Sophia

Diterjemahkan dari "hikmat suci", bangunan ini adalah salah satu contoh terbaik dari arsitektur Bizantium. Bangunan ini dirancang oleh Isidore dari Miletus dan Anthemius dari Tralles dan tetap menjadi salah satu landmark paling signifikan di Turki selama 1.500 tahun. Seperti beberapa masjid lain dalam daftar ini, Hagia Sophia telah berpindah tangan berkali-kali dan bertindak sebagai tempat ibadah berbagai agama selama bertahun-tahun. 

Hagia Sophia berdiri di situs yang dulunya adalah kuil pagan selama Kekaisaran Romawi. Gereja-gereja Kristen dibangun di situs tersebut mulai abad ke-4, tetapi desain Bizantium ditugaskan untuk situs tersebut oleh Kaisar Bizantium Justinian I pada tahun 532. Pembangunan dimulai tepat setelah kerusuhan Nika yang menghancurkan gereja Kristen kedua yang mendahului Hagia Sophia.

Singkat cerita, saat kekaisaran Ottoman jatuh, Hagia Sophia diubah menjadi museum dan tidak lagi menjadi tempat ibadah resmi selama hampir satu abad. Setelah bertahun-tahun jamaah mencoba mengembalikan status Hagia Sophia sebagai tempat ibadah, museum itu pun diubah kembali menjadi masjid pada Juli 2020 kemarin.

photo
Pengunjung harus berkurudung masuk Hagia Sophia. Yang memakai celana pendek dan baju terbuka dilarang masuk. - (Duvar english)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement