Senin 29 Mar 2021 19:38 WIB

Israel Bersiap Sambut Wisatawan Muslim

Israel menormalisasi hubungan dengan empat negara Muslim dan Arab.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Israel Bersiap Sambut Wisatawan Muslim. Bandar Udara Ben Gurion
Foto:

Dilansir The Jerusalem Post, Senin (29/3), Direktur Wisata Religi di Kementerian Pariwisata Israel, Noga Sher-Greco mengatakan dia sibuk memetakan situs dan tempat menarik bagi turis Muslim. Pihak kementerian bermaksud untuk memeriksa situs satu per satu dan melihat apa yang perlu dilakukan untuk membuatnya lebih ramah bagi turis Muslim, seperti adanya penjelasan dalam bahasa Arab.

Dia menambahkan, Israel dipenuhi dengan arsitektur Muslim dan situs-situs bersejarah penting, contohnya Masjid Putih di Ramla dan arsitektur Mamluk di Kota Tua Yerusalem. Kementerian telah mengirimkan brosur yang merinci tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menangani wisatawan Emirat. Para karyawan juga mengikuti seminar tentan Islam, turis Muslim, dan situs pusat Islam.

Ketua Forum Pemandu Wisata di sektor Arab di Israel, Morsi Hija menjelaskan daya tarik Israel bagi turis Muslim dapat dibagi menjadi tiga kategori. “Ada wisata spiritual, setiap orang mengunjungi tempat-tempat yang suci baginya,” kata Hija.

Selain itu, mereka akan berkunjung ke Masjid al-Aqsa di Yerusalem dan Gua Para Leluhur di Hebron. Namun, tidak semua para turis datang karena minat spiritual. Mereka bisa mempelajari sejarah dan melihat pemandangan.

“Dan kami memiliki negara yang istimewa dalam segala hal, yakni sejarah, agama, budaya, lanskap manusia, dan lanskap alam,” ujar dia.

Pemandu wisata dan pejabat pariwisata berharap, perubahan ini tidak hanya akan menarik lebih banyak wisatawan ke Israel tapi mengekspos para pengunjung Muslim. Apakah mereka berasal dari sekutu baru Israel atau dari negara-negara yang warganya pernah berkunjung ke Israel sehingga menghasilkan pemahaman yang lebih baik antardunia. 

https://www.jpost.com/middle-east/following-abraham-accords-israel-prepares-for-muslim-tourists-663465

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement