Kamis 25 Mar 2021 20:36 WIB

Erdogan: Turki akan Berdiri Bersama Negara-Negara Tertindas

Turki tetap menjadi salah satu negara yang paling terpengaruh dalam perang Suriah.

Erdogan: Turki akan Berdiri Bersama Negara-Negara Tertindas. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto:

Sementara Turki tetap menjadi salah satu negara yang paling terpengaruh dalam konteks perang saudara Suriah, yang menjadikan Turki negara tuan rumah pengungsi terbesar di dunia dengan lebih dari 4 juta pengungsi Suriah, pemerintah Ankara akan terus mendukung warga Suriah, kata Erdogan.

“Turki akan melanjutkan upayanya, terus mendukung rakyat Suriah hingga Suriah benar-benar menjadi negara yang diperintah oleh rakyatnya,” tambah dia.

Suriah telah dilanda perang saudara sejak awal 2011, ketika rezim Bashar al-Assad menindak pengunjuk rasa pro-demokrasi. Mengenai konflik di Nagorno-Karabakh, Erdogan mengatakan kelompok MINSK yang menaungi masalah ini sudah membuat masalah konflik tersebut menjadi lebih rumit, apalagi untuk memperbaikinya.

Erdogan mengatakan Ankara mendukung Baku dalam upayanya untuk membebaskan wilayah di bawah pendudukan Armenia. Selama konflik 44 hari, yang berakhir dengan gencatan senjata pada 10 November 2020, Azerbaijan membebaskan beberapa kota dan hampir 300 pemukiman dan desa di Karabakh dari hampir tiga dekade pendudukan Armenia.

Turki telah memberikan pukulan berat terhadap kelompok-kelompok teroris, terutama PKK, dalam beberapa tahun terakhir dan mereka tidak lagi mampu melakukan aksi teror di wilayah Turki. Selain itu, kelompok teror FETO dan Daesh/ISIS juga tengah dibersihkan, imbuh dia.

Dalam lebih dari 35 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan UE - bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak, dan bayi. YPG adalah cabang PKK di Suriah.

 

sumber : Anadolu Agency
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement