Kamis 18 Mar 2021 22:53 WIB

Haul ke-4 KH Hasyim Muzadi, Berkah Santri Hingga Wartawan

Almarhum KH Hasyim Muzadi dikenal sebagi sosok dekat dengan semua kalangan

Almarhum KH Hasyim Muzadi dikenal sebagi sosok dekat dengan semua kalangan.
Foto:

Suatu hari ada seorang santri yang diminta Kiai Hasyim mewakili sebuah pertemuan di luar negeri. Kebetulan paspornya sudah habis masa berlakunya. Karena limit waktu ke luar negeri hanya tinggal beberapa hari, maka agar dia bisa segera mendapat paspor dalam satu hari, dia membuat strategi dengan cara membuat surat kepada kepala imigrasi seolah-olah surat ini dari Kiai Hasyim.

Berangkatlah si santri  ke kantor imigrasi, ketika sampai di kantor imigrasi dia langsung menuju ke ruang kepala imigrasi dengan percaya diri, dan menyampaikan surat yang dia bikin tapi mengatasnamakan Kiai Hasyim. 

Setelah berjabat dengan kepala imigrasi dan menyampaikan salam serta surat palsu yang mengatasnamakan Kiai Hasyim, akhirnya dia mendapat servis khusus, paspor sehari langsung jadi dari kantor imigrasi dan tanpa dipungut biaya. Itulah daya magis Kiai Hasyim, hanya disebut namanya orang langsung berbondong-bondong membantunya. 

Ketika dia berhasil mendapatkan paspor super kilat dia melaporkan ulahnya ke Kiai Hasyim, uniknya meskipun namanya dibawa-bawa, Kiai Hasyim tidak marah bahkan beliau hanya bilang "Nah berarti uang paspor yg ngga terpakai kamu kasih abah dong," sambil beliau terkekeh. 

Kepada wartawan beliau sangat akrab dan sayang, setiap dikejar wartawan beliau akan melayani pertanyaan. bukan hanya itu, para kuli tinta selalu mendapat ‘berkah’ ketika  bersilaturahim dengan Kiai Hasyim. Beliau selalu mengatakan, “Kasihanilah para wartawan yang ada di lapangan,” seolah beliau bisa merasakan dan menghargai kerja keras profesi wartawan. Kebiasaan Kiai Hasyim adalah selalu menyiapkan transport untuk wartawan. Sehingga dimata wartawan Kiai Hasyim bukan hanya sumber berita, melainkan juga sumber berkah.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement