Jumat 05 Mar 2021 05:45 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Problematika Interaksi Sosial

Interaksi sosial dapat menumbuhkan ukhuwah Islamiyah dan persatuan yang kukuh.

Naskah Khutbah Jumat: Problematika Interaksi Sosial
Foto:

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah,

Selain bersabar atas hal yang tidak mengenakkan yang kita alami, kita juga berusaha mendoakan pelaku agar insaf dan bertobat dari perbuatannya itu. Mudah-mudahan hatinya terbuka dan menyadari bahwa perbuatannya itu salah dalam pandangan agama dan Negara.

Sepandai-pandainya dia menyembunyikan kesalahannya lama kelamaan akan terbongkar dengan sendirinya. Bila itu terbongkar, maka itu akan menjadi aib bagi diri dan keluarganya. Selain itu juga akan menerima sanksi sosial dari masyarakat sekitarnya.

Kemudian kalau dirasa aksi teror itu dapat mengganggu stabilitas lingkungan kerja dan jiwa merasa terancam, sebagai warga yang tinggal di negara hukum, kita dapat menempuh jalur hukum dengan melaporkan kepada pihak berwajib untuk diusut dan agar menjadi pelajaran bagi si pelaku untuk tidak mengulangi lagi perbuatan tercelanya itu. Tentu ini lebih elegan daripada kita membalas keburukannya dengan keburukan serupa. Biar lah pihak berwajib yang menanganinya secara profesional sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement