Kamis 04 Mar 2021 18:19 WIB

Baznas Buat Kegiatan Ramadhan Terinsipirasi Umar bin Khattab

Terinspirasi dari Sahabat Umar yang memikul makanan dan membagikannya ke fakir miskin

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Ramadhan. Ramadhan mendatang Baznas berencana menggelar kegiatan terinspirasi Umar bin Khattab.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Ramadhan. Ramadhan mendatang Baznas berencana menggelar kegiatan terinspirasi Umar bin Khattab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuat sejumlah program yang akan digelar selama Ramadhan 2021. Salah satu programnya Giat Tim Umar bin Khattab yang terinspirasi dari Sahabat Umar yang memikul makanan dan membagikannya ke fakir miskin.

"Ada aksi layanan Giat Tim Umar bin Khattab, jadi ini kita akan mendatangi (mustahik), kalau ada permintaan bantuan yang membutuhkan kebutuhan dasar hidup, kita langsung sampaikan (bantuannya) ke mustahik," kata Pimpinan Baznas, Rizaludin Kurniawan usai diskusi secara virtual bersama jajaran pimpinan Baznas dan Republika, Kamis (4/3).

Rizaludin menerangkan, Baznas sudah memiliki layanan aksi Baznas, tapi melalui Giat Tim Umar bin Khattab akan lebih khusus lagi aksinya. Kegiatannya seperti Sahabat Umar di masa lalu mendatangi rumah warga yang membutuhkan bantuan.

Ia menjelaskan, aksi ini sebenarnya panduan untuk nasional dan Baznas daerah. Tapi aksi ini lebih khusus akan dilakukan di wilayah Jabodetabek oleh Baznas pusat. Kalau Baznas provinsi ingin melaksanakan Giat Tim Umar bin Khattab bisa juga. Baznas pusat dan daerah bisa membuat panduan dan konsep serta branding yang sama untuk giat ini.

"Sekarang akan kita optimalkan (Giat Tim Umar bin Khattab) di Ramadhan ini khusus di Jabodetabek, jadi ini khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar hidup, kebutuhan darurat mustahik selama Ramadhan," ujarnya.

Rizaludin menegaskan, jangan sampai ada mustahik yang tidak makan saat Ramadhan. Berkaitan dengan Giat Tim Umar bin Khattab, Baznas juga membuat bank makanan. "Bank makanan ini yang sudah siap sebenarnya di 12 provinsi, 50 kota dan 157 kabupaten, bank makanan ini untuk memenuhi kebutuhan dasar mustahik jangan sampai di bulan Ramadhan tidak bisa makan untuk berbuka dan sahur," jelasnya.

Ia menerangkan cara kerja Giat Tim Umar bin Khattab. Caranya berdasarkan permintaan mustahik ke Baznas, kemudian Baznas mengantar langsung bantuan kebutuhan dasar ke tempat mustahik. Sebenarnya sekarang sudah berjalan kegiatan sejenis ini, seperti orang yang datang atau menghubungi Baznas melalui telepon untuk meminta bantuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement