Jumat 19 Feb 2021 18:41 WIB

'Vaksin Covid Aman dan tidak Membatalkan Puasa Ramadhan'

Asosiasi Medis Islam Inggris mengatakan vaksinasi Covid-19 diperbolehkan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
'Vaksin Covid Aman dan tidak Membatalkan Puasa Ramadhan'. Jamaah masjid Al Abbas Islamic Center, Balsal Heath,  Birmingham Inggris menerima suntikan vaksin Covid-19, Kamis (21/1). Diharapkan sekitar 300 hingga 500 orang menerima vaksin di tempat ini.
Foto:

Petugas medis sedang mempertimbangkan apakah etnis dan profesi seseorang harus digunakan untuk menentukan kapan mereka menerima suntikan selama tahap selanjutnya.

“Kami tahu populasi Muslim telah terkena dampak pandemi Covid-19 secara tidak proporsional, baik dalam hal kasus dan kematian serta dampaknya pada kehidupan dan mata pencaharian. Jadi, penting populasi Muslim untuk mendapatkan vaksin,” ucap Salman.

Layanan Kesehatan Nasional (NHS) and Observatorium Kesehatan Masyarakat mengimbau para pemimpin komunitas dan perawatan kesehatan meninjau cara meningkatkan permintaan vaksin di antara komunitas etnis minoritas. Salman yang bekerja di pusat vaksin, mengatakan jam operasional dapat diperpanjang selama Ramadhan.

Hal ini dilakukan agar orang dapat menerima suntikan setelah matahari terbenam, ketika umat Islam berbuka puasa. Mendukung program vaksinasi, BIMA memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan pesan terkait vaksinasi aman dan diperbolehkan secara agama.

Salman juga memperingatkan Muslim tidak berpuas diri begitu mereka divaksinasi. Selain itu, beberapa kebiasaan tradisional selama Ramadhan sebaiknya tidak dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Ramadhan adalah waktu yang indah untuk dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman dan di masjid atau saat sholat malam. Namun, tahun ini kita harus terus berhati-hati. Meskipun orang sudah mendapat vaksin bukan berarti kebal sepenuhnya dari Covid-19,” kata dia. 

https://www.thenationalnews.com/world/europe/covid-19-vaccine-will-not-break-the-ramadan-fast-1.1168875

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement