Jumat 19 Feb 2021 16:44 WIB

Agar Ibadah Tetap Bermakna di Hidup yang Serba Cepat

Gaya hidup yang serba cepat dapat mengancam kehidupan manusiawi dan iman kita.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Agar Ibadah Tetap Bermakna di Hidup yang Serba Cepat
Foto:

Rentang perhatian kita lebih buruk daripada ikan mas

Bayangkan ketika duduk di taman sambil menatap burung, berapa lama Anda akan melakukannya sampai berkata, “Aku bosan ayo lakukan sesuatu?”

Studi pada 2015 oleh Microsoft Kanada menemukan rentang perhatian rata-rata dalam jumlah waktu terkonsentrasi pada suatu tugas tanpa terganggu adalah 12 detik pada 2008. Lima tahun kemudian, hanya delapan detik atau satu detik kurang dari rentang perhatian ikan mas.

Tanpa fokus, iman kita dalam bahaya

Jika kita memiliki masalah global dengan fokus, doa kita juga bermasalah karena kekurangan kekhusyukan. Khusyuk adalah jiwa dari doa. Ibn Katheer berkata, "Khusyuk terjadi ketika seseorang mengosongkan hatinya untuk itu (ibadah) dan berfokus padanya untuk mengesampingkan yang lainnya ..."

Jika kita tidak fokus, khusyuk tidak ada dalam sholat. Jika kita berdoa tanpa khusyuk, kita tidak dapat terhubung dengan Allah dengan benar. Namun, ada cara meningkatkan khusyuk dari perspektif psikologis.

Menurut psikologis, berdoa adalah salah satu bentuk meditasi yang menempatkan otak pada kondisi gelombang otak alfa (khusyuk). Keadaan ini meningkatkan konsentrasi, menginspirasi kreativitas, dan menyebabkan keadaan relaksasi yang dalam.

Klien dalam terapi membutuhkan kondisi mental ini (khusyuk) untuk terhubung dengan pikiran bawah sadar mereka. Terapis memfasilitasi proses ini melalui teknik sederhana.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement