Kamis 11 Feb 2021 11:01 WIB

Baznas Bantu Pendidikan Kader Ulama Terdampak Pandemi

Melalui beasiswa Kaderisasi Seribu Ulama diharapkan lahir ulama profesional dan ahli

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama lintas lembaga menyalurkan beasiswa kaderisasi ulama untuk jenjang pascasarjana melalui program Kaderisasi Seribu Ulama (KSU).
Foto:

Sementara itu, Baznas berkomitmen membantu penyelesaian studi mahasiswa S3 KSU yang terdampak pandemi Covid -19. Hal ini dilakukan melalui pembiayaan pada semester genap tahun 2021. Selain itu, Baznas dan MUI berkoordinasi dan mengevaluasi program yg sudah berjalan dan yang akan datang.

Adapun pada 2020, Baznas menggandeng Unit Pengelola Zakat (UPZ) Bank Permata Syariah untuk bekerja sama dengan MUI terkait program KSU. Menurut catatan Lembaga Beasiswa Baznas, beasiswa bagi ulama hingga saat ini telah memiliki 248 alumni. Sebelum menjalin kerja sama dengan MUI pada 2017, Baznas bekerja sama dengan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) dalam penyelenggaraan program beasiswa kaderisasi tersebut.

Beasiswa yang disalurkan oleh UPZ Bank Permata Syariah merupakan bantuan beasiswa penuh. Pada 2020, terpilih 15 peserta pengurus MUI daerah yang menjadi peserta beasiswa KSU MUI-Baznas. Seleksi dilakukan melalui tahap pemberkasan dan wawancara. Tahap seleksi wawancara calon peserta beasiswa Program Doktor Kaderisasi Seribu Ulama Kerja Sama MUI dan Baznas dilaksanakan selama tiga hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement