Selasa 02 Feb 2021 19:59 WIB

WeCare Gandeng Baznas Salurkan Masker dan Hand Sanitizer

Bantuan akan disalurkan ke rumah sakit rujukan sebagai upaya melawan Covid-19

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
WeCare.id menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk menyalurkan bantuan dari pemerintah Singapura berupa masker dan hand sanitizer.
Foto: Baznas
WeCare.id menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk menyalurkan bantuan dari pemerintah Singapura berupa masker dan hand sanitizer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WeCare.id menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk menyalurkan bantuan dari pemerintah Singapura berupa masker dan hand sanitizer. Bantuan itu akan disalurkan ke rumah sakit rujukan Covid, fasilitas kesehatan, dan komunitas rentan, sebagai upaya melawan pandemi Covid-19.

"Dalam kondisi Covid, pasti kondisi ekonomi masyarakat Indonesia sangat menurun. Maka keberadaan WeCare.id melengkapi Baznas, kita bertemu karena visi yang sama. Mudah-mudahan kolaborasi ini terus berjalan, mudah-mudahan kepercayaan yang diberikan dapat dijaga, sehingga benar-benar jadi mitra strategis yang long live. Sekali lagi terima kasih kepada WeCare.id yang telah memilih Baznas untuk menyalurkan sekitar Rp 3 miliar barang natura berupa masker dan hand sanitizer," kata Wakil Ketua Baznas RI, Mokhamad Mahdum, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika pada Selasa (2/2).

Baca Juga

Simbolisasi penyerahan donasi tersebut disiarkan langsung di kanal YouTube Baznas TV, pada Selasa Mahdum dan CEO WeCare.id, Gigih Sigit Septianto.

Rencananya, penyaluran donasi itu dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama untuk wilayah Jabodetabek, yang merupakan salah satu daerah zona merah penyebaran Covid-19, dan tahap kedua di luar Jabodetabek. Pendistribusian akan mulai dilakukan pada awal bulan Februari 2021.

Mahdum dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Baznas. Menurut Mahdum, dalam kondisi pandemi serba sulit seperti saat ini, dibutuhkan gotong royong berbagai pihak untuk bersama keluar dari krisis pandemi.

Mahdum mengatakan, penyaluran bantuan ini akan memperkuat program penanganan Covid-19 yang telah dilakukan Baznas. Hingga September 2020, Baznas telah mendistribusikan sekitar Rp11 miliar untuk program darurat kesehatan. Sementara untuk pembagian masker, Baznas telah menyalurkan 35.578 masker kepada 16.049 mustahik. Lalu sebanyak 25.648 hand sanitizer telah disalurkan kepada mustahik.

Bantuan melalui Baznas sejak awal masa pandemi tahun lalu, diwujudkan dalam dua bidang yakni darurat kesehatan dan darurat sosial ekonomi. Bantuan darurat kesehatan meliputi program promotif dan kuratif, mulai dari penyemprotan desinfektan, edukasi masyarakat, dan wastafel sehat.

"Selain masker dan hand sanitizer, program darurat kesehatan yang bersifat kuratif juga meliputi dukungan alat pelindung diri (APD), ruang isolasi, ventilator serta X-Ray, pelayanan kesehatan, dan ambulans siaga," kata Mahdum.

Mahdum berharap, kolaborasi positif antara Baznas dan WeCare.id makin berkembang, sehingga bisa bersinergi di bidang lain, terutama dalam hal kesehatan untuk menyentuh mustahik mendapatkan layanan kesehatan.

"Terlalu banyak lapangan kebaikan yang terbentang di Indonesia, sangat tidak elok apabila dimonopoli karena pintu surga jalannya banyak, jika kita masuk maka tidak akan menutup langkah orang lain. Hendaknya kita bisa masuk surga dengan bersama-sama," kata dia.

Mahdum pun memastikan pendistribusian bantuan ini akan tepat sasaran untuk orang-orang yang membutuhkan.

"Bantuan dari Pemerintah Singapura melalui WeCare ini tentu saja akan membantu lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang masih belum terjangkau bantuan. Sekali lagi Baznas ucapkan terima kasih, salam hangat dari seluruh keluarga besar Baznas untuk seluruh pejuang di WeCare.id," kata Mahdum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement