Ahad 31 Jan 2021 20:14 WIB

Masjid di Hyderabad Pertama Miliki Gimnasium untuk Wanita

Hal ini bertujuan mengurangi penyakit menular pada wanita di daerah kumuh.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Masjid di Hyderabad Pertama Miliki Gimnasium untuk Wanita.
Foto: AP/Rajesh Kumar Singh
Masjid di Hyderabad Pertama Miliki Gimnasium untuk Wanita.

REPUBLIKA.CO.ID, HYDERABAD -- Sebuah masjid di Rajendranagar, Telangana, Hyderabad, India untuk pertama kali telah mendirikan pusat kesehatan dengan gimnasium untuk wanita yang tinggal di daerah kumuh sekitarnya. Hal ini bertujuan mengurangi penyakit menular pada wanita yang tinggal di daerah kumuh.

Para pelatih juga hadir guna melatih wanita itu dalam latihan fisik yang dilakukan selama dua sesi setiap hari. Selain pelatih, ada juga konselor kesehatan dan dokter. Gimnasium di Masjid-e-Mustafa yang terletak di Wadi-e-Mahmood didanai oleh SEED. SEED adalah lembaga swadaya masyarakat yang berbasis di Amerika Serikat.

Baca Juga

Sementara itu, LSM yang berbasis di kota, Helping Hand Foundation (HHF) berkoordinasi dengan panitia masjid dalam menjalankan pusat kesehatan tersebut. Gimnasium mengikuti survei yang dilakukan di daerah kumuh Kota Tua. Berdasarkan survei, 52 persen wanita berisiko mengalami sindrom kardiometabolik.

Selama survei, wanita dengan risiko tinggi penyakit tidak menular (PTM) memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 25. Kondisi mereka tentu tidak sehat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement