Ahad 31 Jan 2021 20:14 WIB

Masjid di Hyderabad Pertama Miliki Gimnasium untuk Wanita

Hal ini bertujuan mengurangi penyakit menular pada wanita di daerah kumuh.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Masjid di Hyderabad Pertama Miliki Gimnasium untuk Wanita.
Foto:

“Kunci dari program PTM di masjid klinik sekaligus gimnasium adalah penilaian risiko, konseling tentang diet dan olahraga serta penyaringan untuk masalah ginjal, hati dan mata. Konselor dan profesional adalah bagian dari klinik,” kata pengurus HHF, Mujtaba Hasan Askari, dilansir The Times of India.

Survei tersebut juga mengungkapkan wanita dengan penyakit ovarium polikistik (PCOD) ada sekitar 30 persen dari peserta. Wanita antara 25 dan 55 tahun disaring sebagai bagian dari survei.

Sekitar 12 persen memiliki penyakit tunggal atau penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, dan masalah tiroid. Semua wanita yang berumur 20 sampai 49 tahun ke atas memiliki BMI lebih dari 25 (obesitas).

Mujtaba mengatakan 52 persen wanita memiliki rasio pinggul-pinggang (RPP) tinggi lebih dari 0,8 yang membuat wanita rentan terhadap risiko sindrom kardiometabolik. Jika tidak segera diatasi, akan mengarah pada risiko diabetes, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular.

 

https://timesofindia.indiatimes.com/city/hyderabad/first-in-t-city-mosque-opens-gym-for-women/articleshow/80393502.cms?utm_source=contentofinterest&utm_medium=text&utm_campaign=cppst&from=mdr

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement