Rabu 27 Jan 2021 20:27 WIB

Pentingnya Peran Media dalam Gerakan Zakat

Gerakan zakat bisa menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi nasional.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda
 Pemimpin Redaksi (Pemred) Republika Irfan Junaidi menyampaikan pentingnya peran media massa dalam gerakan zakat yang bisa menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi nasional.
Foto:

Republika dan gerakan zakat

Irfan mengatakan, Republika sejak awal bukan hanya memberitakan tentang zakat, bahkan ikut gerakan zakat. Sebagaimana diketahui Dompet Dhuafa lahir dari inisiatif teman-teman di Republika, kemudian menjadi bola salju dunia zakat di Tanah Air.

"Kampanye zakat ini memang menurut saya harus terus dilakukan melalui media massa walaupun sekarang media sosial bisa digunakan, tapi kredibilitas dan tingkat kepercayaan publik terhadap media massa masih sangat tinggi," jelasnya.

Republika, dikatakan Irfan mendorong agar pemanfaatan zakat bisa disimak dengan baik oleh masyarakat. Supaya mereka terketuk hatinya dan terdorong menunaikan zakat atau menjadi muzaki

Ia juga menyayangkan zakat ini belum menjadi menu utama pemberitaan di media massa. Kalau di Republika tentu sering memberitakan zakat. Ini tantangan bersama bagaimana supaya zakat menjadi isu utama dalam pemberitaan media massa.

"Karena kita punya masyarakat Muslim yang banyak dan potensi zakatnya luar biasa sehingga ini bisa menjadi wacana di media-media massa supaya zakat didorong menjadi salah satu pilar pertumbuhan ekonomi nasional," jelasnya.

Kemudian, Irfan mengatakan, wacana yang harus dijalankan bagaimana digitalisasi ini bisa menjadi peluang untuk meluaskan lembaga amil zakat. Supaya partisipasi masyarakat dalam berzakat atau mustahik yang merasakan manfaat zakat itu bisa semakin luas.

"Digital ini memang bermata dua, di satu sisi bisa menjadi hal yang merusak tapi di sisi lain bisa membantu kita untuk memudahkan, ini harus kita manfaatkan baik-baik bagaimana peran dunia digital dalam memudahkan atau meluaskan jangkauan zakat," jelas Irfan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement