Rabu 27 Jan 2021 12:39 WIB

6 Poin Pertimbangan Vaksin Covid dari Sudut Pandang Islam

Pelestarian hidup merupakan salah satu tujuan inti ajaran Islam.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
6 Poin Pertimbangan Vaksin Covid dari Sudut Pandang Islam. Jamaah masjid Al Abbas Islamic Center, Balsal Heath,  Birmingham Inggris menerima suntikan vaksin Covid-19, Kamis (21/1). Diharapkan sekitar 300 hingga 500 orang menerima vaksin di tempat ini.
Foto:

Keenam, menyebarkan informasi yang keliru dan teori konspirasi tidak diperbolehkan dalam Islam. Sebagaimana Alquran surat 17 ayat 36, agar manusia tidak mengejar sesuatu yang tidak diketahui kebenarannya.

Dilansir di Birmingham Live, Rabu (27/1), British Islamic Medical Association memberikan informasi dan panduan lebih lanjut tentang vaksin Covid-19. Lembaga tersebut merekomendasikan vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk individu yang memenuhi syarat dalam komunitas Muslim.

Namun, individu harus meminta saran dari praktisi medis mereka dan membuat keputusan setelah mendapat persetujuan. Terlepas dari ketersediaan vaksin, pihaknya mengingatkan kewaspadaan dengan penggunaan masker, jarak sosial, ventilasi yang memadai, dan kebersihan tangan yang baik yang dinilai tetap penting dan sangat efektif dalam menangani pandemi ini.

 

"Pada saat publikasi, ada tingkat penularan Covid-19 yang sangat tinggi di seluruh Inggris, dengan beban yang tidak proporsional lagi pada etnis minoritas," kata asosiasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement