Senin 25 Jan 2021 18:35 WIB

Baznas Luncurkan Buku Jejak Kemandirian Peternak Mustahik

Buku Baznas berisikan profil program paparan konsep Balai Ternak secara umum

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan buku
Foto:

Saidah mengatakan, dengan angka-angka itu, maka posisi Baznas untuk melakukan pengentasan kemiskinan terutama di dalam konteks pemberdayaan peternak melalui Balai ternak sangatlah strategis.

Saidah menjelaskan, Balai Ternak Baznas adalah salah satu program pendayagunaan zakat di bidang ekonomi yang bergerak dalam subsektor peternakan, yang bertujuan untuk memberikan penguatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui program pemberdayaan peternak mustahik.

Aktivitas dan strategi yang dilakukan meliputi pemberian bantuan dana untuk pengadaan ternak dan sarana produksi peternakan, pengembangan usaha, dan pendampingan melalui pelatihan-pelatihan terkait teknis beternak, kelembagaan peternak, pengolahan hasil ternak, pemasaran, dan mental spiritual. Hingga akhir tahun 2020, Balai Ternak Baznas telah tersebar di 14 kabupaten atau kota dengan total penerima manfaat sebanyak 567 peternak mustahik.

Tampil sebagai pembicara dalam acara talkshow Jejak Kemandirian Peternak Mustahik, yakni Kepala Desa Banyusidi, Juwono; Ketua Baznas Kabupaten Maros, H. Said Patombongi, S.Sos.; Pendamping Program Balai Ternak Baznas Kabupaten Pidie Jaya, Nasir Musa; Peternak Mustahik dari Balai ternak Garut, Dadar; Peternak Mustahik Balai Ternak Gresik, Zulkah; dan Peternak Mustahik Balai Ternak Lampung Tengah, M. Yusuf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement