Selasa 19 Jan 2021 17:43 WIB

Beragamnya Kabinet Biden, Ada Muslim, Asia, dan Palestina

Kabinet Biden disebut-sebut sebagai kabinet paling beragam dalam sejarah AS.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Beragamnya Kabinet Biden, Ada Muslim, Asia, dan Palestina. Presiden AS terpilih, Joe Biden.
Foto:

Untuk pertama kalinya, kabinet pemerintahan Amerika diisi oleh dua orang India-Amerika yang memiliki asal-usul Kashmir. Mereka ialah Aisha Shah dan Sameera Fazili.

Aisha Shah ditunjuk sebagai Manajer Kemitraan di Kantor Strategi Digital Gedung Putih. Sementara itu, pakar pembangunan masyarakat dan ekonomi Fazili telah ditetapkan untuk menduduki posisi Wakil Direktur di Dewan Ekonomi Nasional AS (NEC).

Fazili sebelumnya menjabat sebagai penasihat kebijakan senior di NEC Gedung Putih dan sebagai penasihat senior di Departemen Keuangan AS. Penunjukan Fazili ini membuat keluarga besarnya di Srinagar bangga.

Paman Sameera, Rouf Fazili, menyebut hal itu sebagai momen yang membanggakan bagi Kashmir. Ia mengatakan, meski Sameera tidak lahir di sana dan orang tuanya meninggalkan Lembah Kashmir pada awal 1970-an, namun Sameera Fazili tetap mempertahankan kedekatan yang kuat dengan Kashmir.

NEC juga memiliki orang Amerika keturunan India lainnya. Ada Bharat Ramamurti, mantan penasihat ekonomi untuk kampanye presidensial 2020 dari Senator Elizabeth Warren dan yang juga akan mengambil peran sebagai Wakil Direktur.

Diplomat veteran Uzra Zeya disebut sebagai Wakil Menteri Luar Negeri untuk Keamanan Sipil, Demokrasi, dan Hak Asasi Manusia. Sebagai penasihat utama pemerintahan Obama selama Musim Semi Arab, Zeya sebelumnya pernah bertugas di Delhi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement