Kamis 07 Jan 2021 11:55 WIB

Meski Ditentang, Malaysia Tambah Waktu Undian Lotre Khusus

Peningkatan aktivitas undian dikhawatirkan dapat menyebabkan kecanduan judi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Meski Ditentang, Malaysia Tambah Waktu Undian Lotre Khusus. Ilustrasi judi.

Pengungkapan Liew di Senat membuat beberapa pemimpin PAS segera mengajukan keberatan dengan peningkatan undian khusus. Meski demikian, para pemimpin teratas PAS dan pihak lain yang merupakan bagian dari administrasi PN, sejauh ini tetap diam tentang masalah tersebut.

Kepala Informasi PAS, Kamaruzaman Mohamad, mengatakan sikap anti-perjudian partainya tidak berubah. Mereka juga menunjuk ke kebijakan yang berlaku di Kelantan yang dikuasai PAS, di mana pemerintah negara bagian melarang segala bentuk perjudian.

Sementara itu, Senator PAS, Khairil Nizam Khirudin, meminta DAP bekerja sama dengan partai untuk membantu pemberantasan perjudian. "Kami mengundang para pemimpin dari DAP, dan pihak lain di Pakatan Harapan atau Perikatan Nasional untuk menghilangkan semua aktivitas perjudian di Malaysia sama sekali," kata Khairil, Sabtu (2/1).

Meski demikian, seorang pengamat mencatat PAS telah menunjukkan kesediaannya untuk menempatkan beberapa cita-cita politiknya di belakang, setelah menjadi anggota pemerintah federal PN. Direktur Bower Group Asia, Asrul Hadi Abdullah Sani, mengatakan partai tersebut ingin lebih pragmatis saat berada di pemerintahan.

"Ini bukan pertama kalinya mereka menunjukkan ingin mengutamakan kepentingan PN di atas kepentingannya sendiri," kata Asrul.

Asrul lantas mengatakan partai tersebut mengambil langkah mundur dalam menuntut amandemen undang-undang pengadilan syariah Malaysia, guna memberdayakan pengadilan Islam serta memutuskan pelanggaran pidana tertentu. Padahal, keinginan ini merupakan permintaan kontroversial yang sudah lama dipegang, termasuk salah satu masalah utama yang merusak hubungan kerja antara PAS dan DAP yang dipimpin China pada 2015.

"Saya tidak berpikir ini akan menjadi masalah besar atau isu selama pemilu. Secara teoritis, penarikan undian khusus hanya mempengaruhi komunitas non-Muslim, dan masalah ini tidak akan berdampak signifikan pada pemilih pedesaan Melayu," kata Asrul. 

 

https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/malaysias-govt-increases-special-lottery-draws-despite-islamist-allys-anti-gambling

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement