Senin 04 Jan 2021 17:30 WIB

Sigi Libatkan Organisasi Keagamaan Bentuk Desa Mengaji

Konsep desa mengaji akan didorong di semua desa di Sigi.

Sigi Libatkan Organisasi Keagamaan Bentuk Desa Mengaji. Anak berlajar mengaji. Ilustrasi
Foto:

Untuk desa mengaji, BKPRMI dan imam masjid akan berperan untuk membina generasi muda di tingkat desa. "Iya, organisasi keagamaan ini akan turut berperan membina generasi muda di setiap desa," ujar Irwan.

Pembentukan desa mengaji juga diikutkan dengan pembentukan kawasan religi yang melihat potensi yang telah ada. Seperti di Kecamatan Dolo yang beberapa desanya telah berdiri pondek pesantren Alkhairaat, yang kemudian dapat dicanangkan sebagai desa mengaji, namun butuh dukungan penuh dari MUI dan Alkhairaat serta organisasi keagamaan lainnya.

Dengan terbentuknya desa mengaji, Irwan berharap tidak sekadar mengajarkan anak-anak mengaji, tetapi mengajarkan generasi muda tentang kebangsaan, nasionalisme, nilai-nilai perbedaan, sehingga generasi muda memiliki pemahaman yang kuat. "Jadi ini adalah membangun fondasi awal, dalam rangka menopang pembangunan nasional," ujarnya.

 

Lewat desa mengaji, Irwan juga berharap agar kelak generasi anak-anak di tingkat desa, sebelum masuk di sekolah dasar telah dapat membaca iqra. "Lewat program ini bisa membina generasi muda secara maksimal, yang salah satu tujuannya agar generasi muda terhindar dari bahaya narkoba," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement