Selasa 01 Aug 2023 15:49 WIB

MCMI: Ayo Ramaikan dan Makmurkan Masjid

MCMI Sulteng gencarkan program memakmurkan masjid untuk bina umat.

Ilustrasi masjid yang bersih dan indah.
Foto: Dok Istimewa
Ilustrasi masjid yang bersih dan indah.

REPUBLIKA.CO.ID, SIGI -- Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI) Provinsi Sulawesi Tengah menggencarkan program memakmurkan masjid untuk membina umat di daerah tersebut.   

"Mulai saat ini hingga ke depan memiliki tugas dan tanggung jawab, mengajak masyarakat untuk bersama memakmurkan masjid, dan membiasakan sholat berjamaah di setiap sholat lima waktu," kata Ketua DPW MCMI Provinsi Sulteng Anwar Hafid, terkait pelantikan pengurus DPC MCMI Kabupaten Sigi, di Sigi, Selasa.

Anwar Hafid melantik dan mengukuhkan pengurus MCMI Kabupaten Sigi yang diketuai Ilham Yumpunawa dan sekretaris Usman Hamid.

Dalam pelantikan itu, Anwar Hafid mengemukakan bahwa salah satu program prioritas MCMI yakni membina umat berbasis masjid, yaitu mendekatkan umat dengan masjid, dengan tujuan memakmurkan masjid.  

Pembinaan umat berbasis masjid oleh MCMI yaitu menjadikan masjid sebagai sentral pembinaan umat pada aspek spiritual, wawasan keislaman dan keagamaan, dan diikutkan dengan gerakan sholat berjamaah di masjid.  

"Setidaknya mulai dari keluarga sendiri dulu, dan nanti kita rasakan betapa dahsyatnya bila kita membiasakan diri untuk ke masjid, karena masjid merupakan rumah Allah," ujarnya.

Ia menekankan kepada pengurus MCMI Kabupaten Sigi agar fokus ke program tersebut, demi meningkatkan kualitas spiritual masyarakat dan wawasan masyarakat umat Islam tentang keagamaan dan keislaman.

Minimal, sebut dia, setiap pengurus mengajak kepada keluarga di lingkup rumah tangga untuk membiasakan diri ke masjid, sehingga masyarakat semakin dekat dengan masjid.

Terkait hl itu Ketua MCMI Kabupaten Sigi Ilham mengatakan, MCMI Sigi akan menjalankan amanah tersebut sesuai dengan tujuannya, dan MCMI Sigi akan selalu berkolaborasi dengan program pemerintah daerah (Pemda) Sigi.

"Saat ini Pemda Sigi memiliki program Sigi Religi dan MCMI Sigi akan berkolaborasi dengan program Pemkab Sigi yaitu Sigi Mengaji dan Berdzikir, dan hal ini kita sudah sampaikan ke Bupati Sigi, dan beliau sangat merespons," ujarnya. 

Dirinya sangat optimis dengan program program yang akan dilakukan oleh MCMI Sigi, akan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement