Ahad 03 Jan 2021 11:36 WIB

Muslim Latin di Chicago Bantu Tunawisma Sambil Berdakwah

Semakin banyak orang Hispanik masuk Islam selama dekade terakhir.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Latin di Chicago Bantu Tunawisma Sambil Berdakwah. Komunitas Latin Muslim di AS
Foto:

"Orang Latin yang dibesarkan di Gereja Katolik dicabut haknya, dan beberapa beralih ke Islam, tetapi kadang-kadang meninggalkan Islam karena mereka tidak memiliki panduan," kata Gonzalez.

Kelas agama ini tersedia melalui yayasan di bawah Syeikh Omar Hernandez. Dia merupakan orang Latin pertama dari Amerika Utara yang lulus dari Universitas Islam Madinah.

Gonzalez mengatakan, pelajaran itu menekankan bagaimana Islam merangkul keberagaman. "Tuhan membuat kami berbeda, tetapi kami saling mengenal. Kami ingin memiliki peran praktis dalam komunitas, dan itu harus dimulai dengan individu. Islam mengubah hati saya," ucapnya.

Melalui Ojala Neighborly Deeds Initiative mereka mengirim Muslim ke lingkungan di seluruh kota, termasuk kamp tunawisma. "Orang tidak harus mengemis setiap hari untuk makanan. Mereka tidak harus tidur di luar dengan tikus sebesar chihuahua, tidur di atas karton. Saya tidak mengerti bagaimana orang mengabaikan tunawisma untuk menonton pertandingan olahraga mereka," kata Gonzalez. 

"Kami tidak melakukan ini untuk mendapatkan penghargaan atau pengakuan, kami melakukannya karena kami takut akan datangnya hari. Hari Pertimbangan (Hari Akhir). Kami ingin perbuatan baik kami melebihi perbuatan buruk kami, wajah Islam yang sebenarnya. Kami adalah jenis orang yang akan diundang oleh ibumu untuk makan malam," ujarnya.

Di samping itu, yayasan juga memiliki program penjangkauan hingga penjara, di mana anggotanya menjadi sahabat pena bagi para narapidana. "Tidakkah Anda ingin orang yang dipenjara karena kejahatan apa pun berpikir secara berbeda saat mereka keluar? Satu-satunya cara kami bisa mencapai itu adalah melalui tindakan kami, bukan fasad. Seseorang harus bekerja untuk mengubahnya," ucap Gonzalez. 

 

https://www.chicagotribune.com/news/breaking/ct-latino-muslims-ojala-foundation-20210101-evtywqqelrdqxjiqdtqp5ng3nu-story.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement