Kamis 31 Dec 2020 10:19 WIB

Para Ulama yang Meninggalkan Kita di 2020

Sepanjang 2020 sejumlah ulama berpulang ke rahmatullah.

Para Ulama yang Meninggalkan Kita di 2020. Pemakaman Gus Sholah. Jenazah KH Solahuddin Wahid tiba di komplek Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2).
Foto:

KH Hasyim Wahid

KH Hasyim Wahid adalah adik bungsu almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Gus Im meninggal pada Sabtu, 1 Agustus 2020. Gus Im meninggal dunia di RS Mayapada Jakarta pada pukul 04.18 WIB. 

photo
Santri berasa di liang lahat untuk pemakaman KH Hasyim Wahid, adik bungsu Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di Ponpes Mambaul Maarif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (1/8/2020). KH Hasyim Wahid atau Gus Im merupakan putra bungsu pasangan pahlawan nasional KH Abdul Wahid Hasyim dan Nyai Solichah, meninggal dunia Sabtu, pukul 04.18 WIB di RS Mayapada, Jakarta pada usia 67. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/hp. - (Antara/Syaiful Arif)

 

KH Abdullah Syukri Zarkasyi 

Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor ini wafat pada 21 Oktober 2020 pukul 15.50 WIB di kediamannya di Gontor. Beliau adalah putra pertama dari KH Imam Zarkasyi, salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor. Almarhum meninggal akibat sakit.

KH Fuad Mun'im Djazuli

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah, Desa Ploso, Kabupaten Kediri, Jawa Timur KH Fuad Mun'im Djazuli wafat pada 17 Oktober 2020 pukul 03.00 WIB di RS Darmo Surabaya. KH Fuad Mun’im Djazuli merupakan adik kandung dari almarhum KH Hamim Tohari Djazuli atau Gus Miek.

KH Fuad dikenal sebagai pengampu sejumlah kitab rujukan di Pesantren Ploso. Beliau sudah sepuh dan mempunyai riwayat sakit, termasuk jantung.

photo
Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah, KH Fuad Munim Djazuli wafat, Sabtu (17/10). - (@KhofifahIP)

 

KH Noer Muhammad Iskandar SQ

Pengasuh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, Jakarta Barat KH Noer Muhammad Iskandar SQ meninggal dunia, Ahad 13 Desember 2020. KH Nur Muhammad meninggal bukan karena Covid-19, akan tetapi disebabkan penyakit yang lain.

sumber : Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement