Kamis 31 Dec 2020 10:19 WIB

Para Ulama yang Meninggalkan Kita di 2020

Sepanjang 2020 sejumlah ulama berpulang ke rahmatullah.

Para Ulama yang Meninggalkan Kita di 2020. Pemakaman Gus Sholah. Jenazah KH Solahuddin Wahid tiba di komplek Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2).
Foto:

KH Ghozali Masruri

Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ghozali Masruri meninggal dunia pada Rabu, 19 Februari 2020 sekitar pukul 10.45 WIB.  Kiai Ghozali merupakan salah satu kiai NU ahli ilmu falak. Jasa almarhum Kiai Ghazali sangat besar sehingga umat Islam Indonesia, khususnya warga NU, bisa melaksanakan puasa, sholat Idul Fitri, dan sholat Idul Adha. 

Prof KH Usman Said 

Ulama senior sekaligus cendekiawan Sumatra Selatan (Sumsel) meninggal dunia dalam usia 77 tahun di Palembang, Kamis, 16 April 2020. Beliau pernah menjabat ketua umum Pengurus Masjid Agung Sultan Machmud Badaruddin II Palembang. Selain berdakwah, ulama kelahiran Palembang, 4 April 1943 tersebut juga kerap menjadi dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.

Tatkala memberikan materi ceramahnya, Usman Said kerap meminta pengurus Masjid Agung tidak memasang mikrofon atau speaker ke luar masjid. Alasan dia, tidak ingin ceramahnya menganggu aktivitas masyarakat yang berada di luar masjid.

Guru Zuhdi

Ulama karismatik asal Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), KH Ahmad Zuhdiannoor (48 tahun) wafat saat dirawat di RS Medistra Jakarta, Sabtu, 2 Mei 2020 sekitar pukul 06.35 WIB. Guru Zuhdi dikabarkan telah menjalani perawatan di RS di Jakarta sejak beberapa hari sebelum dinyatakan wafat karena sakit jantung. Beliau merupakan seorang pendakwah yang selalu menyebarkan Islam moderat. 

photo
Warga menyambut iring-iringan mobil jenazah KH Ahmad Zuhdiannoor saat melintas di jalan menuju rumah duka di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (2/5/2020). Ulama karismatik KH Ahmad Zuhdiannoor atau yang akrab disapa Guru Zuhdi wafat pada usia 47 tahun pada hari Sabtu (2/5/2020) saat dalam penanganan medis di Rumah Sakit Medistra di Jakarta. - (ANTARA/Bayu Pratama S)

 

sumber : Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement