Rabu 30 Dec 2020 17:28 WIB

Pakar: Pemerintah Harus Pulihkan Nama Baik Gus Dur

Pengaitan Gus Dur dalam Bulog Gate tak pernah terbukti hingga sekarang

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nashih Nashrullah
Bedah buku Rektor Unila Prof Aom Karomani berjudul Gus Dur Jatuh dari Kursi Presiden dan Keberpihakan Media Massa di Universitas Lampung, Rabu (30/12).
Foto:

Mohammad Bakir (Wapemred Kompas) menanggapi, untuk melihat koran atau media tidak hanya membidik satu screenshoot saja atas satu masalah.

Menurut dia, problem Gus Dur saat itu problem politik bukan problem hukum. Artinya, banyak hal perlu diekplorasi sehingga tidak hanya dilihat dari satu segmen saja, tapi banyak bertalian masalah politik.

"Setiap peristiwa dari berbagai sisi, lalu diambil angelnya, ini yang membedakan koran satu dengan koran lain. Wartawan mengetahui semuanya, tapi  tidak semua dicurahkan, tetap mempertimbangkan stabilitas, keamana, dan lainnya yang lebih penting," ujarnya.

Mengenai framing, tentu tidak terlepas dari fakta yang ada. Dia mengilustrasikan sebuah botol minuman mineral, kalau dilihat dari plastik tentu sampahnya merusak lingkungan, tapi dilihat dari yang mengkonsumsi, justru hal tersebut menguntungkan. "Intinya, faktanya harus ada, frammingnya bisa dibuat," jelasnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement