Rabu 30 Dec 2020 07:49 WIB

Sederet Ulama Positif Covid-19, Ini Daftarnya

Sederet ulama positf terpapar Covid-19, dari Ustaz Yusuf Mansur hingga Aa Gym.

Ustaz Yusuf Mansur (kanan) bersama Aa Gym.
Foto:

3. KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid, KH. Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym dilaporkan positif Covid-19. Kabar itu disampaikan Aa Gym lewat akun Instagramnya saat melakukan live Kajian MQ PAGI, Selasa (29/12).

"Alhamdulillah ála kulli hal. Takdir Alloh hasil swab Aa positif. Doakan Aa yaa... Semoga kita semua selalu diberi kesehatan. Qadarulloh wa maa sya'a fa'ala," tulis Aa Gym di akun Instagramnya, Selasa.

Baca Juga: Aa Gym Positif, Satgas Covid-19 Tracing di Daarut Tauhid

Dalam postingan tersebut, Aa Gym mengabarkan jika detak jantung, tensi, dan suhu tubuh dalam keadaan baik. "Alhamdulillah setelah di-swab kemarin di Yudistira, ternyata hasilnya positif. Alhamdulillah berarti harus karantina. Ini sekarang masih bagus, 98, dan suhu masih bagus 36,3. Alhamdulillah.

"Sahabat-sahabat Daqu sekalian, Qadarullah, berarti Aa positif kena covid," kata Aa Gym yang dalam postingan tersebut memakai masker.

Ulama kondang Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) meluncurkan produk pertanian berupa pupuk organik yang diproses melalui teknologi biokonversi. Yakni, dengan memanfaatkan peran larva lalat black soldier fly (BSF).

Sebelum melakukan tes usap, dia sempat pergi ke Bandung, Jawa Barat pada Rabu pekan lalu. Pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhiid ini menceritakan kronologis kegiatannya sebelum positif Covid-19 dan sesudah positif di akun Instagramnya, @aagym.

Pada Rabu pekan lalu, kondisi Aa Gym masih sehat. Dia melakukan perjalan dari Jakarta ke Bandung. Lalu pada Kamis (24/12), penceramah berdarah sunda ini sempat melakukan olahraga renang. Saat itu kondisinya juga masih sehat. Kemudian, keesokan paginya, ulama yang kerap tampil menggunakan sorban ini bersepeda dan memilih tempat yang relatif sepi.

“Lalu Sabtu menjelang kembali ke Jakarta merasa enggak fit, ingin diinfus dulu. Diinfus vitamin dan dirapid, hasilnya non reaktif,” kata Aa Gym.

Baca Juga: Aa Gym Positif Covid-19

Diduga kelelahan, Aa Gym dianjurkan untuk istirahat. Dia memutuskan untuk isolasi mandiri, di satu tempat sepi dan jauh dari orang-orang. Malam Ahad, ia sudah mulai isolasi.

Kemudian, dia melanjutkan tes usap bersama anak-anaknya dan tadi malam mendapat hasilnya. “Hasil anak Aa negatif, alhamdulillah saya positif,” ujar dia.

Aa menyatakan, tidak mengalami gejala Covid-19 yang berat. Secara umum, hanya batuk, tidak ada sesak, dan tidak ada pusing yang berlebihan. Angka saturasi oksigen dari oxymeternya menunjukkan 98 dan suhunya 36,3 celsius. Ini berarti kondisinya baik. Saat ini, Aa Gym tengah berada di ruang isolasi sendirian.

“Doakan semoga Allah mengampuni dan mudah-mudahan menjadi penyemangat teman-teman untuk lebih menjaga diri, protokol kesehatan dan doa lebih gigih. Terimakasih sahabat-sahabatku yang baik, doakan aa. Apapun nanti yang terjadi mudah-mudahan kita bisa berkumpul di surga,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement