Rabu 30 Dec 2020 07:49 WIB

Sederet Ulama Positif Covid-19, Ini Daftarnya

Sederet ulama positf terpapar Covid-19, dari Ustaz Yusuf Mansur hingga Aa Gym.

Ustaz Yusuf Mansur (kanan) bersama Aa Gym.
Foto: Republika/Prayogi
Ustaz Yusuf Mansur (kanan) bersama Aa Gym.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama masa pagebluk Covid-19, ratusan ulama di Indonesia dilaporkan terpapar virus mematikan tersebut. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bahkan mengungkapkan 234 kiai dan tokoh NU meninggal dunia selama masa pandemi. Meski begitu PBNU tidak menyebut berapa banyak dari 234 ulama yang meninggal tersebut akibat Covid-19.

Ulama dari PBNU yang paling santer terdengar adalah Ketua Umum KH Said Aqil Siradj yang dilaporkan terpapar Covid-19 pada akhir November lalu. Selain Kiai Said, sejumlah ulama tumbang setelah terpapar Covid-19. Kabar terakhir datang dari Syekh Ali Jaber, Ustaz M Syafii Antonio dan

Kami menyusun sejumlah ulama di Indonesia yang terpapar Covid-19 sejak masa pandemi dimulai:

1. KH Said Aqil Siradj

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) Said Aqil Siroj sempat dilaporkan positif Covid-19. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Pribadi (Sespri) Said, M Sofwan Erce, Ahad (29/11).

Sofwan mengatakan, Kiai Said positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR pada Sabtu (28/11) sekitar pukul 19.30 WIB. “Atas arahan beliau, kami diminta menyampaikan kabar ini dengan harapan dan memohon doa dari bapak/ibu sekalian keluarga NU, khususnya Forum Masyayikh, mohon doa untuk kesembuhan dan kekuatan beliau menjalani masa-masa penyembuhan ini,” kata Sofwan seperti dikutip Republika.co.id dalam video yang diunggah akun Youtube Kang Said Official, Ahad malam.

Baca Juga: Ketum PBNU Said Aqil Positif Covid-19

Ketum PBNU Said Aqil Positif Covid-19. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siroj.

Meski terpapar Covid-19, Sofwan memastikan, Kiai Said dalam kondisi yang baik. Ia menyebut, saat ini Said juga tengah menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Jakarta. “Alhamdulillah, pada saat ini beliau dalam kondisi yang baik sedang dirawat di sebuah rumah sakit di Jakarta dengan perawatan yang intensif,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan pesan Kiai Said yang menyebut Covid-19 bukanlah aib dan hal buruk. Menurut Kiai Said, virus corona ini dapat menimpa siapa saja dari latar belakang apa pun. Oleh karena itu, ia berpesan kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Mari kita jaga pesan beliau bagi warga NU khususnya, tetap patuhi protokol kesehatan. Jangan lupa cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. Dengan itu semua, insya Allah kita akan bersama-sama terhindar dan mampu mengatasi dan melewati Covid-19 ini dengan baik,” kata Sofwan saat menyampaikan pesan Kiai Said.

Baca Juga: Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj Sembuh dari Covid-19

Kiai Said Aqil akhirnya dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada 7 Desember 2020, di mana hasil PCR Covid-19 negatif. Status negatif Covid-19 Said Aqil didapatkan dari surat keterangan dokter dari Rhemedi Medical Service Jakarta Timur. Dalam surat tertanggal Senin, 7 Desember 2020 itu, ditunjukkan hasil PCR Covid-19 negatif. 

"Ya, betul. Buya Said sudah negatif," terang sekretaris pribadi Said Aqil, M Sofwan Erce, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (7/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement