Rabu 30 Dec 2020 05:55 WIB

Beda Gemar Baca Alquran dan Jarang Menurut Syekh Ali Jaber

Terdapat perbedaan orang gemar baca Alquran dan jarang

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat perbedaan orang gemar baca Alquran dan jarang. Ilustrasi Anak membaca Alquran.
Foto:

photo
Santri santri TPA Masjid Al-Falah, Dusun Malatewa, Desa Mekkata, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, belajar membaca Alquran. - (Dok BMH)

Karena itu Syekh Ali Jaber mengajak umat Muslim Indonesia agar memperbanyak membaca Alquran. Menurutnya tidak ada alasan bagi seorang Muslim untuk mengisi hari-harinya dengan Alquran.

Orang yang belum bisa membaca Alquran dapat memulai mempelajari Alquran dengan mendengarnya terlebih dulu. Sebab Syekh Ali Jaber menjelaskan orang yang mendengarkan bacaan Alquran juga memperoleh pahala yang sama dengan orang yang membaca Alquran.   

Syekh Ali Jaber mengatakan pada masa ini tak ada alasan bagi seorang Muslim untuk dekat, menbaca, dan mempelajari Alquran. Sebab terdapat banyak media yang mempermudah seseorang mengakses Alquran. Terlebih dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan Alquran dapat diakses secara digital. Sehingga yang dibuthkan adalah kesungguhan dan keistiqamahan untuk mempelajari Alquran. 

Syekh Ali Jaber menjelaskan orang yang berjuang dengan terbata-bata dalam mempelajari Alquran bahkan telah memperoleh pahala dan ampunan atas perjuanhannya dan atas kesulitannya terbata-bata membaca Alquran. Belum lagi pahala dari setiap huruf Alquran yang dilafazkannya. 

"Perlu kita tingkatkan kedekatan kita bersama Alquran, layak kita memberi waktu lebih minimal kalau tidak mampu khatam sehari satu juz, minimal mulai harimu dengan baca Alquran dan tutup harimu dengan baca Alquran. Kenikmatan bersama Alquran itu tidak ada habisnya, orang yang bersama Alquran itu tidak ada ruginya. Alquran itu jaminan kebahagiaan, jaminan keselamatan hidup, petunjuk, pengobat segala penyakit, pelindung kita dari segala," jelas Syekh Ali Jaber. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement