Kamis 26 Nov 2020 19:44 WIB

Bukti Teror tak Identik Muslim, Teror Sayap Kanan Melonjak

Aksi terorisme yang dilakukan sayap kanan secara global meningkat tajam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Aksi terorisme yang dilakukan sayap kanan secara global meningkat tajam Islamofobia (ilustrasi)
Foto:

 

Sementara itu menurut Thomas Morgan, peneliti senior di IEP, sering terjadi miskonsepsi bahwa terorisme lebih banyak terjadi di negara-negara Barat. Dia mengatakan ada kesalahpahaman berdasarkan tingkat pemberitaan di media. 

"Tetapi juga karena 96 persen terorisme terjadi dalam konteks konflik yang sedang berlangsung," katanya, mengacu pada Afghanistan, Suriah, Nigeria, Somalia atau Yaman.  

Morgan juga mengatakan dia khawatir dampak ekonomi dari pandemi Covid-19 bisa mengakibatkan tingkat dan jenis terorisme yang akan terjadi di tahun-tahun mendatang. Dia menyadari bahwa ada pemberlakuan jam malam, perbatasan tertutup, dan armada maskapai yang dilarang terbang. 

Hal itu tentu mempersulit teroris untuk bergerak, merekrut prajurit baru dan melakukan kekejaman. Namun, ketahanan masyarakat Barat yang sangat maju telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. 

Masih menurut laporan tersebut, pandemi dapat memperburuk tren ini dan karena prospek ekonomi yang tidak menentu, menyebabkan ketidakstabilan politik yang lebih besar. 

"Kami mungkin melihat lebih sedikit pendanaan untuk aktivitas atau aktivitas kontra-terorisme yang akan menciptakan lingkungan sosio-ekonomi yang lebih baik di mana orang tidak memiliki kecenderungan untuk diradikalisasi," kata Serge Stroobants, direktur operasi untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika Utara di IEP.

"Tetapi di bawah tekanan sosial-ekonomi ini kita mungkin melihat bahwa lebih banyak orang akan terasing dari masyarakat, lebih banyak orang merasa didiskriminasi dan lebih banyak orang akan cenderung mendengarkan pesan perekrut (teroris). Itu adalah risiko potensial di masa depan," sambungnya.

photo
ilustrasi terorisme - (Antara/Widodo S. Jusuf)

Disinggung soal apa yang dibutuhkan untuk melawan kecenderungan teroris, Stroobants mengatakan, ada kebutuhan untuk meninjau cara masyarakat dibangun, dan perlu memastikan bahwa lebih sedikit orang yang masuk ke tingkat frustrasi itu, tingkat keterasingan itu.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan sebagai bagian dari laporan Indeks Terorisme Global tahunan, peneliti Milo Comerford mengatakan satu jaringan pro-Islamic State (IS) di Facebook menggunakan "web dari beberapa ratus akun" untuk "memperluas" menyebarkan propaganda antara April dan Juli. Ini menggunakan taktik untuk menghindari konten dihapus, termasuk menyembunyikannya dengan memulai video dengan cuplikan berita yang sah sebelum beralih ke materi ekstremis.

Menurut penelitiannya, tagar terkait Covid digunakan pada pesan Islam untuk menarik pengguna yang tidak curiga, dan satu halaman Facebook anti-vaksin dengan ribuan pengikut dibajak oleh pendukung ISIS. 

Pada saat yang sama, satu saluran supremasi kulit putih menambahkan lebih dari 6.000 pengguna pada bulan Maret, sementara saluran lainnya yang secara khusus berfokus pada Covid-19 tumbuh dari 300 pengguna menjadi 2.700 pengguna.

Para menteri dalam negeri Uni Eropa berjanji pada pertengahan November akan melakukan tindakan keras terkoordinasi terhadap ekstremisme Islam setelah serangan bulan lalu di Paris, Nice, dan Wina, dan setuju untuk menyelesaikan negosiasi tentang peraturan untuk penghapusan konten teroris daring lebih cepat pada akhir tahun ini.

 

Sumber: https://www.eurasiareview.com/26112020-study-says-far-right-terrorism-bigger-threat-to-west-than-islamic-state/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement