Senin 02 Nov 2020 16:33 WIB

Umat Islam Bersatu Lawan Prancis, Jika Hadapi Israel? 

Umat Islam bersatu melawan kebijakan Presiden Prancis Emmanuel Macron

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Peserta aksi dari Forum Ukhuwah Islamiyyah (FUI) menggelar aksi unjuk rasa di Titik Nol Yogyakarta, Jumat (30/10). Aksi ini imbas penyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang dianggap menghina Umat Islam dan Nabi Muhammad. Seruan boikot produk Perancis digaungkan saat aksi. Dan juga menuntut permintaan maaf dari Macron untuk Umat Islam.
Foto:

Beberapa hari yang lalu, YouTube harus menghapus lagu Israel yang menghina Nabi Muhammad, padahal sebenarnya melakukannya ketika Ayman Odeh, seorang anggota Palestina dari Knesset Israel, menyoroti masalah tersebut. 

Kembali pada 2018, Anggota Knesset Israel, Oren Hazan, bahkan memuji kamp "pendidikan ulang" China yang mengerikan bagi Muslim dan menyarankan Israel melakukan hal yang sama. 

Ketika Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, maka pada dasarnya dia telah merebut kompleks Al-Aqsa dari Muslim dan menempatkannya di bawah pengepungan permanen rezim Islamofobia. 

Dan dunia Muslim kembali gagal bersatu untuk melindungi situs tersebut. Pada saat yang sama, ketika umat Islam gagal membela situs suci kami dan Palestina, umat Islam digas dengan gas dan ditendang di wajah saat berdoa.  

Sejak berakhirnya Intifada Palestina Kedua pada 2005, lebih dari 10 ribu warga Palestina telah dibunuh Israel, kebanyakan dari mereka adalah Muslim. Namun meskipun pembantaian ini menghantam layar TV kita dari tahun ke tahun, kekuatan 1,8 miliar Muslim jarang terasa. 

Kami bahkan tidak bisa memaksa diri untuk memboikot barang-barang Israel secara kolektif. Bahkan di bulan Ramadhan banyak Muslim yang menganggap masih layak untuk tetap membeli dan makan kurma yang ditanam Israel yang bersumber dari pemukiman ilegal (terutama terletak di Lembah Jordan).

Negara-negara mayoritas Muslim seperti Yordania, Mesir, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Sudan, semuanya telah menandatangani kesepakatan normalisasi dengan Israel. 

photo
Palestina mengibarkan bendera nasional selama protes terhadap normalisasi hubungan antara Uni Emirat Arab dan Bahrain dengan Israel, di kota Ramallah Tepi Barat, Selasa, 15 September 2020. Israel akan menandatangani perjanjian dengan UEA dan Bahrain di Gedung Putih pada hari Selasa. - (AP/Majdi Mohammed)

Sedangkan negara-negara seperti Arab Saudi bekerja dengan mereka di bawah meja. Perlahan Muslim di Barat juga menormalisasi hubungan dengan Israel dan pendukung Zionisnya. Karena tidak sedikit organisasi Islam yang takut berdiri di samping rakyat Palestina.  

Penderitaan saudara-saudari kita di Palestina sekarang berada pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dalam kasus Jalur Gaza, awal tahun ini telah dinyatakan sebagai "tidak bisa ditinggali" para ahli di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Namun kami sebagai Muslim merindukan seruan mereka untuk meminta bantuan pada 2018, dengan dimulainya Great Return March, salah satu demonstrasi non-kekerasan terbesar (per persentase penduduk Gaza) dalam sejarah. 

Namun demonstrasi ini pada akhirnya mengakibatkan 330 orang yang tidak bersalah mati syahid. Di antara yang meninggal adalah pria, wanita, anak-anak, orang tua, jurnalis, petugas medis dan penyandang disabilitas.

Jadi sudah waktunya bagi Muslim untuk secara kolektif memboikot produk Israel, dan mengakhiri semua bentuk normalisasi dengan rezim yang membunuh saudara-saudari kita dan menyerang tempat-tempat suci kita.

Kami telah menunjukkan dalam kasus Prancis apa yang mampu dilakukan persatuan internasional kami, dampak yang dapat kami berikan. Jadi sekarang setelah 73 tahun, saatnya kita menghadapi rezim paling Islamofobia di dunia dan berjuang untuk memulihkan hak asasi manusia Palestina.

 

Sumber:  https://5pillarsuk.com/2020/11/01/muslims-have-united-against-france-so-why-cant-they-over-palestine/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement