Jumat 30 Oct 2020 22:05 WIB

Paus dan Katolik Prancis Serukan Perdamaian dengan Muslim

Karikatur yang seringkali cabul dan membuat umat Muslim merasa dihina.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Paus Francis
Foto:

Dia menambahkan umat Katolik Prancis menghadapi tantangan menjadi pembawa damai dengan kesederhanaan dan keberanian. Gerakan awam Katolik St. Egidio menggemakan seruan untuk persatuan, mengutip seruan antaragama untuk perdamaian yang ditandatangani di Roma pada 20 Oktober oleh perwakilan Kristen dan Muslim.

"Kami mengundang penganut dari semua agama, khususnya Kristen dan Muslim untuk memisahkan agama dari segala bentuk kekerasan yang dilakukan atas nama Tuhan," kata sebuah pernyataan dari komunitas St. Egidio.

Di Amerika Serikat, Asosiasi Katolik, sebuah kelompok yang berfokus pada kebebasan beragama mengatakan serangan baru-baru ini di Prancis adalah bagian dari serangan global terhadap kebebasan beragama dan sekularisme.

“Serangan-serangan ini terjadi setelah serangkaian pembakaran tak berujung dan serangan perusak terhadap gereja-gereja Katolik di seluruh dunia,” kata Rekan Senior Asosiasi Katolik, Ashley McGuire.

Konferensi para uskup Prancis dalam mengungkapkan kesedihan yang luar biasa atas berita dari Nice mengatakan serangan itu adalah pengingat kemartiran Pendeta Jacques Hamel, yang dibunuh oleh seorang teroris pada Juli 2016 saat merayakan Misa di gerejanya di Normandy. Serangan semacam itu bertujuan menimbulkan kecemasan dalam masyarakat. Mendesak umat Katolik untuk berpegang pada nilai-nilai persatuan dan persaudaraan.

"Terlepas dari rasa sakit yang mencekam kami, umat Katolik menolak untuk menyerah pada rasa takut dan dengan seluruh bangsa, mereka ingin menghadapi ancaman buta dan berbahaya ini," kata para uskup dalam sebuah pernyataan.

Lonceng gereja berbunyi di seluruh Prancis pada Kamis, memanggil umat untuk berdoa bagi para korban. “Semua gereja di Nice ditutup dan di bawah perlindungan polisi,” kata Uskup Nice, Marceau dalam sebuah pernyataan. 

 

https://religionnews.com/2020/10/29/after-nice-attacks-pope-francis-and-french-catholics-react-calls-for-peace-with-muslims/

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement