Sabtu 22 Aug 2020 05:49 WIB

BMH Gelar Gebyar Muharram di 5 Rumah Quran Sumatera Utara

Para santri diharapkan makin giat belajar dan menghafal Alquran. 

BMH menggelar Gebyar Muharram 1441 H di lima Rumah Quran Sumatera Utara.
Foto: Dok BMH
BMH menggelar Gebyar Muharram 1441 H di lima Rumah Quran Sumatera Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN --. BMH Perwakilan Sumatera Utara menyemarakkan Tahun Baru Hijriyah 1442 H dengan menggelar Gebyar Muharram di lima  titik Rumah Quran Sumatera Utara.

"Alhamdulillah Muharram 1442 H BMH Perwakilan Sumatera Utara menggelar Gebyar Muharram yang dilaksanakan selama tiga hari, yakni 19 hingga 21 Agustus 2020 di lima titik Rumah Quran Sumatera Utara," terang Kepala BMH Perwakilan Sumatera Utara, Lukman A  Thalib, Jumat  (21/8).

photo
BMH Perwakilan Sumatera Utara menggelar aneka lomba dalam rangka Gebyar Muharram 1442 H.  (Foto: Dok BMH)

Kelima Rumah Quran tersebut berada di beberapa kabupaten di Sumatera Utara. Yaitu,  Rumah Quran Langkat di Desa Lalang;  Rumah Quran Deli Serdang di Desa Suka Makmur;  Rumah Quran Karo di Desa Jaranguda;  Rumah Quran Padang Lawas Utara di Desa Janji Manahan;  dan Rumah Quran Labuhanbatu Selatan di Desa Sabungan.

Melalui Gebyar Muharram Rumah Quran yang didiriikan oleh BMH bersama para Dai Tangguh tidak saja menjadi wadah pembelajaran Alquran tetapi juga media yang dapat mengasah minat dan bakat serta potensi para generasi bangsa.

"Sebanyak 157 santri Rumah Quran mengikuti perlombaan tahfizh  Quran, hafalan hadits & doa, hafalan Asmaul Husna, azan, praktik wudhu & shalat, .serta perlombaan hiburan lainnya seperti mewarnai kaligrafi, bola kaki, balap karung dan sebagainya," rinci Lukman dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
Salah satu lomba dalam rangka Gebyar Muharram 1442 H yang diadakan oleh BMH Perwakilan Sumatera Utara.  (Foto: Dok BMH)

Ustadz M  Faris selaku mualim Rumah Quran Langkat berharap dengan kegiatan Gebyar Muharram ini para santri semakin tertarik untuk giat belajar dan menghafal Alquran. 

“Alhamdulillah, dengan kemeriahan kegiatan Gebyar Muharram ini, bertambah dua  santri baru lagi. Semoga di even-even Hari Besar Islam lainnya, kita bisa mengadakan kegiatan seperti ini agar memacu semangat santri yang ada dan menarik anak-anak di sekitar lokasi untuk bisa bergabung belajar di Rumah Quran," ucapnya.

Linda, salah satu peserta dari Rumah Quran Padang Lawas Utara mengaku sangat gembira dengan adanya  kegiatan Gebyar Muharram ini. “Saya senang sekali.  Hadiahnya juga menarik. Semoga tahun depan tetap dilaksanakan dan lebih meriah. Makasih ya ustadz.” pungkas Linda dengan penuh semangat.

photo
Lomba praktik shalat dalam rangka Gebyar Muharram 1442 H yang diadakan oleh BMH Perwakilan Sumatera Utara.  (Foto: Dok BMH)

Ditambahkan Irfan, manajer Prodaya BMH Sumut,  khusus perlombaan tahfizh  atau hafalan Quran akan diseleksi kembali untuk menyaring pemenang favorit Gebyar Muharram 1442 H.

“Teknisnya, para pemenang penghafal Quran di setiap titik Rumah Quran akan difinalkan kembali melaui daring. Dan Insya Allah akan ada hadiah tambahan berupa dana pembinaan dan piagam,” tutupnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement