Selasa 21 Jul 2020 02:10 WIB

MUI Sulteng: Sholat Idul Adha Jangan Jadi Klaster Covid-19

MUI mengajak umat agar sholat Idul Adha tak jadi klaster Covid-19.

MUI mengajak umat agar sholat Idul Adha tak jadi klaster Covid-19. Ilustrasi Penyebaran Virus Corona.
Foto: MgIT03
MUI mengajak umat agar sholat Idul Adha tak jadi klaster Covid-19. Ilustrasi Penyebaran Virus Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU— Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Tengah mengemukakan pelaksanaan sholat Idul Adha 1441 Hijriyah harus tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan virus corona jenis baru (Covid-19).

"Boleh sholat berjamaah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19," ucap Sekretaris MUI Sulteng, Sofyan Bachmid, di Palu, Senin (20/7).

Baca Juga

Ia menjelaskan MUI Sulteng dalam waktu dekat akan mengeluarkan imbauan/edaran pelaksanaan sholat Idul Adha dalam masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi virus itu.

Sebelum menerbitkan imbauan/edaran tersebut, katanya, MUI Sulteng tetap akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulteng berkaitan dengan perkembangan situasi pandemi Covid-19.

"Karena mengenai situasi dan kondisi pandemi ini, pemerintah yang lebih tahu. Olehnya, perlu kami lakukan koordinasi berkaitan dengan edaran MUI nantinya mengenai pelaksanaan ibadah sholat Idul Adha," katanya.

Jika masyarakat/umat Islam melaksanakan sholat Idul Adha secara berjamaah di masjid atau lapangan terbuka untuk daerah dengan status zona hijau, katanya, maka harus tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Harus tetap menggunakan masker, mencuci tangan, serta disertai dengan penyediaan sarana mencuci tangan yaitu air dan sabun cuci. Kemudian tetap jaga jarak," katanya.

Hal itu, katanya, penting dilakukan berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan bersama, serta sebagai bentuk solidaritas umat Islam dalam mencegah penyebaran virus.

Ia mengimbau pegawai syara dan pengurus masjid, serta panitia pelaksanaan sholat Idul Adha bila dilaksanakan di lapangan, agar menyediakan sarana pendukung sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. "Ini penting sekali dilakukan, karena kita tidak ingin ada klaster-klaster baru penyebaran virus corona di era normal baru ini," katanya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement