Rabu 17 Jun 2020 09:39 WIB

Masjid, Mal, dan Taman di Qatar Mulai Buka

Qatar mulai membuka masjid, mal, dan taman.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Muhammad Hafil
Masjid, Mal, dan Taman di Qatar Mulai Buka. Foto: Masjid di Qatar (ilustrasi)
Foto: riyadisugeng.wordpress.com
Masjid, Mal, dan Taman di Qatar Mulai Buka. Foto: Masjid di Qatar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, QATAR -- Mal dan pusat perbelanjaan, serta taman umum mulai dibuka untuk pengunjung pada Senin (15/6) lalu. Namun, protokol kesehatan pencegahan untuk mencegah penyebaran Covid-19 diberlakukan secara ketat.

Sejumlah masjid juga dibuka sebagai tahap pertama dari pencabutan pembatasan secara bertahap mulai Senin. Pihak berwenang terkait melakukan sejumlah tindakan pencegahan di semua tempat untuk memastikan keselamatan semua orang. Salah satu tindakannya, seperti kewajiban penggunaan masker, memasang dan mengaktifkan aplikasi Ehteraz di ponsel pintar, menjaga jarak sosial.

Baca Juga

Sejalan dengan arahan dari Kementerian Perdagangan dan Industri Qatar, personel keamanan dan staf mal terlihat melakukan pemeriksaan rutin dan mengambil langkah-langkah lain untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pembeli, serta orang-orang yang bekerja di sana. Mereka memeriksa suhu tubuh pengunjung, serta aplikasi mobile Ehteraz untuk status “Hijau” sebelum mengizinkan pengunjung masuk.

Selain melakukan pembersihan dan sanitasi rutin, mal juga memasang papan nama dan tanda di lantai untuk mengingatkan dan mendorong orang untuk menjaga jarak sosial setiap saat. “Adalah baik untuk melihat bahwa pengunjung mal menjaga jarak yang wajar dari orang lain ketika mereka pergi ke toko yang berbeda,” kata seorang karyawan toko teknologi di sebuah mal besar di Doha, dilansir di Gulf-times.com.

 

Hypermarket, apotek, outlet penukaran uang dan bank juga mulai beroperasi melayani pelanggan. Beberapa outlet terus menawarkan layanan belanja daring dan pengiriman rumah.

Bisnis yang diizinkan untuk melanjutkan operasi dan ketentuan yang berlaku, sebagai berikut, pembukaan sebagian toko di pusat komersial, asalkan ruang lantai outlet tidak kurang dari 300 meter persegi; restoran mengirim ke alamat rumah dan melarang pelanggan makan di tempat; toko-toko yang menjual permen, es krim, kue, kue kering, madu, dan kurma diperbolehkan buka.

Karyawan beberapa toko yang masih tutup terlihat melakukan pembersihan umum dan sanitasi. “Kami ingin memastikan bahwa tempat kami bersih dan siap dalam beberapa hari mendatang," kata karyawan lain yang mengenakan masker wajah dan pelindung wajah.

Mal dan pusat perbelanjaan diizinkan beroperasi pada pukul 08.00 hingga 20.00 pada hari kerja di Fase I. Bisnis itu tetap tutup pada Jumat dan Sabtu. Fase II dari pencabutan pembatasan secara bertahap dimulai pada 1 Juli, Fase III pada 1 Agustus, dan Fase akhir pada 1 September.

Sementara itu, taman umum dan area terbuka, seperti Taman Souq Waqif, Hotel Park, dan Doha Corniche juga dibuka kembali pada Senin. Tempat-tempat itu menyambut sejumlah pengunjung yang menghabiskan sore dengan berjalan dan melakukan kegiatan fisik lainnya. Beberapa peralatan kebugaran stasioner di Taman Souq Waqif mulai digunakan pengunjung.

Kementerian Kota dan Lingkungan (MME) Qatar juga membuka kembali sejumlah taman pada Senin. Sebelumnya diumumkan bahwa delapan taman, yakni Taman Umum Al Wakra; Taman Al Khor; Taman Al Qutaifiyah 66; Taman Kota Al Shamal; Taman Al Sailiya (Abu Nakhla); Taman Al Dafna; Taman Museum; dan Taman Al Rayyan dibuka kembali pada Juni 15. Masyarakat dapat datang pukul 04.00 sampai 09.00 dan 16.00 sampai 22.00 setiap hari. MME juga mengumumkan pembukaan Taman Al Bidda di sepanjang Doha Corniche, Senin.

Aspire Zone Foundation mulai menyambut pengunjung di jalur berjalan Aspire Park mulai Senin. Sementara kawasan pejalan kaki Katara Utara dan Selatan juga dibuka untuk tujuan berjalan kaki.

Masjid-masjid di Qatar juga dibuka kembali pada Senin, seperti, masjid di Abal Heeran, Bin Omran, Bu Sidra, Bu Hamour, Bu Hamour, Ezgava, Al Salata Al Jadeeda, Umm Saneem, Umm Al Amad, Umm Salal Ali, Umm Salal Mohamed, Gharrafat Al Rayyan, Umm Qarn, Umm Lekhba, Al Luqta , Bane Hajer, Bu Sidra, Al Khor, Al Kheesa, Al Ruwais, Al Rayyan Al Jadeed, Al Sadd, Al Sudan, Al Shahaniyya, Al Azeeziya, Onaiza, Ain Khaled, Al Gharrafa, Madinat Khalifa Selatan, Legataifiya, Al Mirqab, Al Meshaf, Muaither Selatan, Al Wajba, Al Hilal, Al Wakra dan Al Wukair. Fase I memberi kelonggaran masjid secara terbatas, tidak termasuk shalat Jumat.

Sumber:

https://www.gulf-times.com/story/665765/Mosques-malls-and-parks-reopen

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement