Senin 01 Jun 2020 10:40 WIB

Harta Penuh Berkah Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf pernah berdoa saat tawaf agar dijauhi dari sifat pelit.

Harta penuh berkah Abdurrahman bin Auf Radhiyallahu anhu.
Foto:

Kedermawanan Abdurrahman RadhiyAllahu 'Anhu juga tercatat ketika Rasulullah shallallahu alaihi wasallam masih hidup. Ketika Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyerukan berjuang dengan harta, Abdurrahman RadhiyAllahu 'Anhu langsung menyambutnya. Ia bergegas pulang dan membawa 2.000 dinar kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

“Wahai Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, aku mempunyai 4.000 dinar. Dan, 2.000 dinar aku pinjamkan kepada Allah dan 2.000 dinar untuk keluargaku.”

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menerimanya sambil bersabda: “Semoga Allah melimpahkan berkah-Nya kepadamu, terhadap harta benda yang kamu berikan, dan semoga Allah memberkahi pula harta yang kamu tinggalkan untuk keluargamu.”

Saat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengumumkan biaya Perang Tabuk, Abdurrahman RadhiyAllahu 'Anhu pun bergegas menyerahkan 200 uqiyah emas. Satu uqiyah setara dengan 31,7475 gr emas.

Melihat kejadian itu, Umar bin Khattab RadhiyAllahu 'Anhu berbisik kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam: “Agaknya Abdurrahman RadhiyAllahu 'Anhu berdosa tidak menyisakan uang belanja sedikit pun untuk keluarganya.”

Ketika Rasul shallallahu alaihi wasallam menanyakan hal itu kepada Abdurrahman RadhiyAllahu 'Anhu, ia menjawab, “Untuk mereka saya tinggalkan lebih banyak dan lebih baik daripada yang saya sumbangkan. Yakni, sebanyak rezeki, kebaikan, dan upah yang dijanjikan Allah.”

Usai kabar dari Ummul Mukminin Aisyah RadhiyAllahu 'Anha, Abdurrahman bin Auf RadhiyAllahu 'Anhu semakin dermawan. Semangatnya kian meninggi dalam mengorbankan hartanya di jalan Allah. Abdurrahman RadhiyAllahu 'Anhu pernah menyumbangkan 40 ribu dinar, 500 ekor kuda, dan 1.500 unta untuk para pejuang dan membagikan 400 dinar kepada setiap veteran Perang Badar yang masih hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement