Jumat 20 Mar 2020 08:21 WIB

Din Syamuddin Ajak Umat Berdoa Halau Covid-19

Din mengajak Muslim beribadah di rumah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Din Syamuddin Ajak Umat Berdoa Halau Covid-19. Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin (ketiga kanan).
Foto: Thoudy Badai_Republika
Din Syamuddin Ajak Umat Berdoa Halau Covid-19. Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin (ketiga kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin mengajak umat Muslim berdoa dan bermunajat kepada Allah untuk menangkal virus corona jenis baru (Covid-19). "Yang paling penting, dan ini perlu diperhatikan, marilah kita berdoa memohon perlindungan Allah agar dihindari dari wabah ini," kata Din melalui video resmi yang diterima Republika.co.id, Jumat (20/3).

Melalui video itu, beliau membagikan bacaan doa yang perlu dibaca umat Muslim dalam menghadapi cobaan wabah Covid-19 ini. Doa yang dibagikannya merupakan doa yang bersumber dari hadits riwayat Abu Daud dan Imam At-Tirmidzi.

Baca Juga

Doa dari hadits itu berbunyi: “Bismillahi ladzi la yadurru ma'asmihi syaiun fil ardhi wa la fi sama wa huwa samiul alim” Yang artinya: “Dengan nama Allah dan bersama nama-Nya, dan dengan menunaikan ajaran-ajaran-Nya, (maka) tidak akan terjadi bahaya apa pun di bumi dan di langit. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, lagi Maha Mengetahui.”

Berdasarkan hadits lain, yakni dari Usman bin Affan, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang hamba setiap pagi dan sore membaca ‘bismillahi la yadurru...’ kecuali tidak ada sesuatu yang membahayakannya.” Hadits ini juga merupakan hadits riwayat Abu Daud dan Imam At-Tirmidzi.

Menurut Din, doa ini sangat bermanfaat apabila dibacakan setiap waktu. Tak lupa, dia juga mengajak umat Muslim melaksanakan aktivitas ibadah di rumah dan tetap waspada dan membudayakan hidup bersih. Dia pun berdoa agar wabah Covid-19 ini segera berlalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement