Senin 09 Mar 2020 11:52 WIB

Umat Islam di Dunia Diharapkan Peduli Muslim India

Umat Islam di India sedang mengalami masalah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Umat Islam di Dunia Diharap Peduli Muslim India. Foto ilustrasi: Sejumlah aktivis Gema Pembebasan Sulawesi Tengah mengikuti aksi solidaritas untuk Muslim India di depan Kantor DPRD Sulteng di Palu, Jumat (6/3/2020).
Foto: Antara/Basri Marzuki
Umat Islam di Dunia Diharap Peduli Muslim India. Foto ilustrasi: Sejumlah aktivis Gema Pembebasan Sulawesi Tengah mengikuti aksi solidaritas untuk Muslim India di depan Kantor DPRD Sulteng di Palu, Jumat (6/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) menyampaikan bahwa umat Islam di berbagai belahan dunia sedang menghadapi tantangan yang sangat berat. Karena itulah, umat Islam di seluruh dunia harus bersatu dan kompak untuk membantu Muslim yang sedang terjajah, dibantai, dizalimi, dan ditekan.

Muslim Palestina sedang dijajah Israel, sementara Muslim India menjadi korban kekerasan serta kezaliman. Begitu pula Muslim di China dan di berbagai negara lainnya sedang menghadapi tantangan berat.

Baca Juga

"Kalau umat Islam belum bersatu, akan berat menghadapinya. Kalau umat Islam bersatu, ekonominya bersatu, bisnisnya bersatu, maka akan menjadi kekuatan yang luar biasa," kata Ketua Umum Ikadi Prof KH Ahmad Satori Ismail kepada Republika di sela-sela Rakernas Ikadi 2020, Ahad (8/3).

KH Satori mengatakan, bila bersatu, umat Islam akan menjadi sangat kuat. Seandainya ada negara yang melakukan kekerasan terhadap umat Islam, produk negara tersebut bisa diembargo dan diboikot. Namun, apakah mampu umat Islam melakukan boikot seperti itu bila belum bersatu dan menjadi kuat.

Ia menjelaskan, Israel adalah penjajah Palestina. Kalau umat Islam bersatu untuk memboikot produk Israel, tentu mereka akan menjadi lemah. Namun, untuk melakukan itu, Muslim serta negara-negara Muslim perlu bersatu dan kompak terlebih dahulu.

"Sehingga, dengan cara elegan dan baik, (Muslim) bisa mengerem kekerasan (Zionis Israel terhadap Muslim)," ujarnya.

KH Satori juga prihatin dengan kekerasan yang menimpa Muslim India. Menurut dia, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) kalau benar sebuah lembaga yang kuat dan memiliki biaya serta bebas dari tekanan asing tentu bisa melakukan banyak hal, termasuk membantu Muslim India.

OKI bisa menggalang kekuatan negara-negara Islam untuk mendesak Perserikatan Bangsa-Bangga (PBB) agar menegakkan hak asasi manusia (HAM). OKI dan PBB seharusnya bisa menegakkan HAM dan memberikan tekanan terhadap negara yang melakukan kekerasan terhadap bangsa lain.

Ikadi juga mengusulkan kepada Pemerintah Indonesia untuk memberi tekanan kepada Pemerintah India supaya melindungi kaum minoritas di sana. "Pemerintah Indonesia ikutlah andil dalam menyelesaikan kekerasan yang ada di India," ujarnya.

Ia menegaskan, masyarakat Indonesia anti pada setiap bentuk kekerasan, pemerkosaan hak, dan penjajahan. Kalau ada perilaku kekerasan terhadap siapa pun, termasuk umat Islam seperti yang terjadi di India, minimal bangsa ini mengutuk pelaku kekerasan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement