Jumat 21 Feb 2020 11:49 WIB

BMH Bangun Sekolah Pesantren Mualaf di Pedalaman

Pesantren bertujuan agar kelak ada wadah yang dapat menjaga dan menguatkan aqidah.

BMH membangun pesantren pedalaman.
Foto: BMH
BMH membangun pesantren pedalaman.

REPUBLIKA.CO.ID, MAHAKAM ULU --  Salah satu program unggulan Baitul Maal Hidayatulah (BMH) adalah Program Dai Tangguh, sebuah program yang didedikasikan untuk menguatkan aqidah dan pembinaan umat di wilayah 3 T. Di tahun 2020 ini, salah satu program dakwah yang dilakukan adalah mendirikan Pesantren Mualaf di Desa Ujoh Bilang, Long Melaham, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur (Kaltim).

Mengawali pendirian pesantren mualaf ditandai dengan pembangunan sekolah khususnya untuk anak mualaf usia dini (PAUD) telah dimulai. Tantangan memulainya sangat dirasakan. Selain lokasi yang jauh dan terbatasnya alat transportasi, sekadar untuk mengadakan material, Dai Tangguh yang ditugaskan mengawal pembangunan harus mendatangkannya dari luar kota, seperti Samarinda dan Kutai Barat, itupun harus menyusuri derasnya arus sungai Mahakam selama 2 hari.

Baca Juga

“Jika kami beli di Mahulu harga material 2-3 kali lipat dari harga umum, makanya kami harus beli di luar agar dana yang terbatas ini bisa menghasilkan pekerjaan yang banyak,” tandas Ustaz Taufiq, dikutip dari laman resmi BMH.

Pembangunan harus terus berlanjut demi mewujudkan harapan masyarakat Muslim setempat. Tujuannya agar kelak ada wadah yang dapat menjaga dan menguatkan aqidah mereka, serta tersedia alternatif lembaga pendidikan Islam pertama di daerah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement