Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

BMH Serahkan Bantuan Satu Kolam Ikan Lele

Jumat 14 Feb 2020 09:58 WIB

Red: Irwan Kelana

BMH Gerai Malang menyerahkan bantuan kolam ikan.

BMH Gerai Malang menyerahkan bantuan kolam ikan.

Foto: Dok BMH
Bantuan itu untuk meningkatkan omset usaha perikanan Istana Balearjosari, Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemberdayaan ekonomi merupakan satu program utama BMH. Dalam pelaksanaannya selain mendukung  modal untuk pengusaha kecil, BMH juga memberikan dukungan untuk komunitas usaha yang ulet dan punya potensi  berkembang.  Sehingga, mereka dapat menggulirkan pemberdayaan secara ekonomi sekaligus dakwah dan pendidikan.

"Alhamdulillah, Rabu (12/2),  BMH memberikan bantuan satu kolam ikan lele untuk kelompok Pembudidaya Ikan Balearjosari yang berada di lingkungan Perum Istana Karangasem Jalan Satria Balearjosari Blimbing,  Malang, Jawa Timur," terang Koordinator BMH Gerai Malang,  Sony Abdul Karim melalui rilis yang diterima Republika.co.id.

Bantuan berupa satu unit kolam ikan beserta konsentrat sebagai makanan pokok ikan itu diharapkan dapat meningkatkan omset usaha yang selama ini berjalan.

“Kami memberikan bantuan berupa satu unit kolam ikan, semoga bermanfaat dan kelompok Istana Ikan di Balearjosari ini bisa berkembang lebih baik,” imbuhnya.

photo
Kolam ikan bantuan dari BMH.

Karim menjelaskan,  BMH peduli kelompok budidaya ikan Balearjosari karena adanya sistem manajemen dakwah di dalamnya.  Yaitu,  sebagian hasil panen budidaya ikan di manfaatkan untuk kesejahteraan para jamaah khusunya lansia di Mushola Al-Mubarak Balearjosari.

Sementara itu, Ketua Pokdakan Istana Ikan Balearjosari Malang Agus Wahyudi mengatakan bahwa modal awal kelompok budidaya ikan yang digawangi berasal dari kas mushola setempat, termasuk pasokan air dan listriknya.

"Bantuan kolam ikan dari BMH rencananya dipakai untuk indukan. Yaitu tempat untuk menetaskan bibit ikan lele," ungkapnya.

“Modal awal kami sebelumnya adalah tiga  buah kolam yang kami buat dari kas di Musala Al-Mubarak. Kemudian mendapat perhatian serta bantuan tambahan kolam dari Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Kota Malang beserta perlengkapan lainya termasuk alat penyedia oksigen dan serok ikan. Alhamdulillah hari ini kami mendapatkan satu unit bantuan kolam ikan dan dana untuk membeli pakan ikan dari BMH Jatim gerai Malang," urainya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA