Ahad 09 Feb 2020 18:05 WIB

Program Pemulasaran Jenazah DD Bisa Dijangkau Lewat Aplikasi

Aplikasi Barzah Dompet Dhuafa dapat diakses oleh pengguna gawai.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Dwi Murdaningsih
Jenazah (ilustrasi).
Foto: Immortal.org/ca
Jenazah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa memiliki program pemulasaran jenazah (Barzah) atau layanan gratis pemulasaran jenazah sejak tahun 2012. Kini program tersebut menjadi sebuah aplikasi Barzah yang dapat diakses oleh pengguna gawai.

Direktur Budaya, Dakwah dan Layanan Masyarakat (DLM) Dompet Dhuafa, Ustaz Ahmad Sonhaji mengatakan, armada Barzah bekerja sesuai permintaan pihak yang sedang tertimpa musibah kematian. Armada Barzah bisa mengantar jenazah, memandikan, menshalatkan, dan menguburkan jenazah.

Baca Juga

Ia menjelaskan, kalau pihak yang tertimpa musibah hanya membutuhkan mobil jenazah, maka Dompet Dhuafa hanya akan menyediakan mobilnya saja. "Aplikasi Barzah ini salah satu ikhtiar Dompet Dhuafa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mengakses kebutuhan mobil jenazah," kata Ustaz Sonhaji kepada Republika.co.id, Ahad (9/2).

Ia menyampaikan, tingkat kematian per hari di wilayah Jabodetabek sebanyak 100 orang, dengan angka kematian sebanyak itu mobil jenazah sangat dibutuhkan masyarakat. Dompet Dhuafa meluncurkan program pemulasaran jenazah pada tahun 2012.

Dompet Dhuafa melihat ada yang membawa jenazah menggunakan grobak dan kereta. Padahal sudah semestinya orang-orang yang masih hidup memberikan penghormatan terakhir kepada orang yang sudah meninggal. Atas dasar tersebut Dompet Dhuafa meluncurkan program pemulasaran jenazah delapan tahun lalu.

"Delapan tahun lalu teknisnya manual, orang yang membutuhkan layanan pemulasaran jenazah melalui telepon, delapan tahun berjalan kita melihat kebutuhan masyarakat terhadap layanan pemulasaran jenazah semakin tinggi tapi ada keterbatasan armada kita," ujarnya.

Ustaz Sonhaji mengatakan, maka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Dompet Dhuafa membangun jaringan kemitraan dengan 41 mitra di Jabodetabek. Mitra-mitra Dompet Dhuafa berasal dari masjid, yayasan, lembaga sosial dan lembaga kemanusiaan. Dengan demikian aplikasi Barzah saat ini memiliki 53 armada mobil jenazah.

Ia menyampaikan, Dompet Dhuafa melihat banyak mobil jenazah mangkrak dan tidak maksimal penggunaannya. Maka Dompet Dhuafa memaksimalkan potensi pemanfaatan mobil jenazah. Selain itu Dompet Dhuafa membangun kepercayaan masyarakat terhadap lembaga yang memiliki armada mobil jenazah.

"Kita (Dompet Dhuafa) bantu operasional (armada mobil jenazah) pada saat pergerakan mengangkat jenazah," ujarnya.

Ustaz Sonhaji menambahkan, semua orang yang tertimpa musibah kematian dapat mendapat layanan pemulasaran jenazah secara gratis melalui aplikasi Barzah. Orang yang mampu secara ekonomi tetap akan mendapat layanan tersebut karena sedang tertimpa musibah kematian. Biasanya orang yang mampu melihat program pemulasaran jenazah Dompet Dhuafa, kemudian mereka tertarik untuk menyalurkan zakat, infak, sedekah dan wakaf melalui Dompet Dhuafa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement