Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Rabu, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 Februari 2020

Ulama India Kecam Poster Film Gul Makai

Sabtu 25 Jan 2020 12:46 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Muhammad Hafil

Ulama India Kecam Poster Film Gul Makai. Foto: Film (Ilustrasi).

Ulama India Kecam Poster Film Gul Makai. Foto: Film (Ilustrasi).

Foto: opensecrets.org
Gul Makai sendiri adalah film yang diangkat dari kisah nyata.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Film Bollywood berjudul Gul Makai telah membuat seorang ulama di India marah. Musababnya adalah poster film tersebut yang "menampilkan Alquran dalam cahaya yang buruk".

Gul Makai sendiri adalah film yang diangkat dari kisah nyata perjuangan pemenang hadiah Nobel Perdamaian Pakistan berusia 22 tahun, Malala Yousafzai. Malala, seorang perempuan muslim, diketahui pernah ditembak oleh Taliban ketika ia berusia 14 tahun.

Namun, yang membuat kemarahan ulama adalah poster film tersebut. Di mana ditampilkan seorang gadis memegang sebuah buku yang dalam kondisi meledak dan terbakar. Menurut sang ulama, buku itu adalah Alquran, yang mana artinya poster itu bertentangan dengan Islam dan mendiskreditkan kitab suci umat Islam.

Akhirnya, ulama India dari Negara Bagian Uttar Paradesh itu mengeluarkan fatwa melawan sutradara film Gul Makai yang bernama Amjad Khan.

“Darul Ifta Jama Masjid Mufti mengeluarkan fatwa terhadap H.E Amjad Khan, sutradara film Bollywood Gul Makai. Poster film itu memperlihatkan seorang gadis memegang sebuah buku dan buku itu adalah Al-Quran, karena itu bertentangan dengan Islam dan menunjukkan agama mereka dalam cahaya yang buruk," demikian bunyi surat pernyataan yang dikeluarkan pihak masjid tersebut sebagaimana dikutip Sputnik, Sabtu (25/1).

Sang sutradara, Amjad Khan, pun memberikan tanggapannya. Ia menyebut bahwa sang ulama sudah salah memahami poster film tersebut. Ia pun berencana akan berkirim surat agar kesalahpahaman itu bisa diluruskan.

"Sang ulama adalah korban kesalahpahaman. Dia adalah seorang sarjana agama, dia berpikir bahwa aktris utama, yang menggambarkan Malala dalam film itu, memegang Quran di tangannya. Dia berasumsi bahwa karena prasangka dan karena protagonis dari film ini adalah seorang Muslim, dia hanya akan memegang Quran. Film ini tentang pendidikan anak perempuan, ia tidak dapat memahami hal ini. Ini bukan langkah yang bermartabat, tetapi saya akan mencoba untuk berbicara dengannya dan akan mengiriminya surat," kata Khan.

Meski telah mendapatkan fatwa dari sang ulama, Khan membantah dirinya telah membawa masalah ini jalur hukum. Ia tak ingin persoalan ini berujung di ranah hukum.

Film Gul Makai akan dirilis pada 31 Januari. Film ini berfokus menceritakan kisah Malala Yousafzai, seorang wanita berusia 22 tahun yang menjadi penerima termuda Hadiah Nobel Perdamaian karena upayanya memperjuangkan hak-hak pendidikan anak perempuan pada 2014.
---

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA