Jumat 03 Jan 2020 17:57 WIB

Khutbah Jumat Depan Anies, Kiai Baihaqi: Banjir Kado Indah

Kiai Baihaqi menilai Allah SWT memberikan kado indah berupa banjir.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Warga membersihkan barang-barang miliknya pascabanjir yang melanda Kompleks IKPN Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/1/2019).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Warga membersihkan barang-barang miliknya pascabanjir yang melanda Kompleks IKPN Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/1/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan shalat jumat di masjid Ar-Rayyan Rusunawa Rawa Buaya. Tampil sebagai khatib Jumat, KH Hadan Baihaqi.

Dalam Khutbahnya, Kiai Baihaqi menyampaikan bahwa fenomena alam bisa menjadi kesempatan umara dan umat bekerjasama memulihkan Jakarta dari bencana. "Dengan musibah ini menjadi kesempatan umara dan umat bersatu," kata dia, Jumat (3/1). 

Baca Juga

Dia mengatakan, fenomena alam yang menenggalamkan pemukiman warga di Jakarta dan pemukiman lainnya harus disikapi dengan iman. 

Tidak semata-mata musibah atau bencana ini disebabkan karena kualitas iman umat sendiri terutama perhatiannya terhadap alam. "Insya Allah ini kado indah pada saat awal tahun Allah SWT berikan fenomema alam yang begitu luar biasa," ujarnyan.

Kiai Baihaqi, juga menyampaikan keprihatiannya masih banyak umat Islam enggan ke masjid saat azan berkumandang.

Namun setelah ada bencana seperti ini masjid banyak didatangi untuk mengungsi. "Masih banyak umat lelai datang ke masjid untuk shalat. Saat bencana baru datang ke masjid," katanya. 

Atas fenomena alam ini, Kiai Baihaqi mengajak jamaah bersama-sama berdoa meminta ampun dan tawakal atas apa yang telah terjadi. "Mari kita meningkat keimanan, ketakwaan, kesabaran agar hidup menjadi lebih baik," katanya.  

Dalam penutup khutbahnya, Kiai Baihaqi berdoa agar Allah mengampuni dosa-dosa umat Islam, menjaganya, dan dapat memberikan solusi terhadap apa yang terjadi saat ini. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement