Jumat 13 Dec 2019 05:54 WIB

Doa Agar Ilmu yang Didapat tak Cepat Lupa

Menjaga ilmu yang didapat terkadang lebih sulit dibandingkan mencarinya.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Doa Agar Ilmu yang Didapat tak Cepat Lupa. Foto ilustrasi umat Muslim berdoa.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Doa Agar Ilmu yang Didapat tak Cepat Lupa. Foto ilustrasi umat Muslim berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga ilmu yang didapat terkadang lebih sulit dibandingkan mencari ilmu itu sendiri. Maka alangkah baiknya doa-doa berikut dapat dibaca guna membantu menjaga ilmu yang telah didapat.

Menurut cerita dari kitab Al-Manhajus Sawi Darul Ilmi wad Dakwah karya Habib Zain bin Ibrahim bin Sumaith, ada seorang laki-laki mendatangi Rasulullah. Ia mengeluh dan berkata: “Ya Rasulullah, sungguh saya ini adalah orang yang pelupa. Tolong ajari hamba sesuatu". Mendengar ini, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepadanya agar membaca kalimat berikut.

Baca Juga

"Allahumma-jal nafsiy muthmainnatan tu'minu biliqaika wa tardha biqadaika". Yang artinya: "Ya Allah, jadikanlah jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas takdir yang Engkau tentukan". Pemuda yang datang kepada Rasul tadi pun membaca doa tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari dan mengaku tak pernah lupa tentang apa pun yang ia peroleh.

Sedangkan Abu Hurairah juga pernah membaca doa lain guna menjaga ilmu yang beliau peroleh. Sehingga alangkah baiknya, kita perlu berdoa sebagaimana doa Abu Hurairah berikut.

"Allahumma inni as-aluka 'ilman la yunsa". Yang artinya: "Ya Allah, saya mohon ampunan kepadaMu atas ilmu yang tidak pernah dilupakan". Doa baik ini bisa dilafalkan ketika kita tengah mengejar konsistensi menuntut ilmu sebaik-baiknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement