Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Doa Agar Ilmu yang Didapat tak Cepat Lupa

Jumat 13 Dec 2019 05:54 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Doa Agar Ilmu yang Didapat tak Cepat Lupa. Foto ilustrasi umat Muslim berdoa.

Doa Agar Ilmu yang Didapat tak Cepat Lupa. Foto ilustrasi umat Muslim berdoa.

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Menjaga ilmu yang didapat terkadang lebih sulit dibandingkan mencarinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga ilmu yang didapat terkadang lebih sulit dibandingkan mencari ilmu itu sendiri. Maka alangkah baiknya doa-doa berikut dapat dibaca guna membantu menjaga ilmu yang telah didapat.

Menurut cerita dari kitab Al-Manhajus Sawi Darul Ilmi wad Dakwah karya Habib Zain bin Ibrahim bin Sumaith, ada seorang laki-laki mendatangi Rasulullah. Ia mengeluh dan berkata: “Ya Rasulullah, sungguh saya ini adalah orang yang pelupa. Tolong ajari hamba sesuatu". Mendengar ini, Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepadanya agar membaca kalimat berikut.

"Allahumma-jal nafsiy muthmainnatan tu'minu biliqaika wa tardha biqadaika". Yang artinya: "Ya Allah, jadikanlah jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas takdir yang Engkau tentukan". Pemuda yang datang kepada Rasul tadi pun membaca doa tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari dan mengaku tak pernah lupa tentang apa pun yang ia peroleh.

Sedangkan Abu Hurairah juga pernah membaca doa lain guna menjaga ilmu yang beliau peroleh. Sehingga alangkah baiknya, kita perlu berdoa sebagaimana doa Abu Hurairah berikut.

"Allahumma inni as-aluka 'ilman la yunsa". Yang artinya: "Ya Allah, saya mohon ampunan kepadaMu atas ilmu yang tidak pernah dilupakan". Doa baik ini bisa dilafalkan ketika kita tengah mengejar konsistensi menuntut ilmu sebaik-baiknya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA