Rabu 27 Nov 2019 09:09 WIB

Bummas Mulia Manduri Salurkan Pinjaman Usaha Kecil

Bummas Rumah Zakat membantu permodalam ibu-ibu pengusaha kecil.

Bummas  Simpan Pinjam Master Berdaya bulan ini kembali menyalurkan pinjaman lunak kepada ibu ibu Dusun Galian Tanah Jaya dan Sei Emas Desa Kepenuhan Barat.
Foto: rumah zakat
Bummas Simpan Pinjam Master Berdaya bulan ini kembali menyalurkan pinjaman lunak kepada ibu ibu Dusun Galian Tanah Jaya dan Sei Emas Desa Kepenuhan Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, RIAU -- Beragam upaya bisa dilakukan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. Salah satunya melalui pinjaman untuk usaha kecil seperti yang dilakukan di Desa Berdaya binaan Rumah Zakat.

Dalam upaya menggerakkan ekonomi masyarakat Desa Berdaya Kepenuhan Barat, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, pra koperasi Simpan Pinjam Master Berdaya bulan ini kembali menyalurkan pinjaman lunak kepada ibu ibu Dusun Galian Tanah Jaya dan Sei Emas Desa Kepenuhan Barat. Kali ini penerima manfaat difokuskan kepada ibu-ibu yang sudah menjalankan usaha kecil namun terkendala modal untuk mengembangkan usahanya.

Nurhalima, pemilik usaha warung sarapan dan aneka gorengan merupakan salah seorang penerima manfaat. Ia mengaku senang sekali bisa memperoleh akses pinjaman lunak tersebut. Sebelumnya, ia pernah melakukan pinjaman kepada tukang kredit jalanan.

photo
Bummas Simpan Pinjam Master Berdaya menyalurkan pinjaman lunak kepada ibu ibu Dusun Galian Tanah Jaya dan Sei Emas Desa Kepenuhan Barat.

Ternyata setelah ia hitung baru menyadari bahwa bunga pinjaman hampir 60 persen. Alhasil, keuntungan usaha harus menutupi pinjamannya yang dibayarkan secara harian.

Program pra koperasi Master Berdaya yang disupport oleh Rumah Zakat bersama ZIS Indosat ini sejak berdiri beberapa bulan lalu. Hingga saat ini telah beranggotakan 22 orang. Ke depan Bummas akan terus dikembangkan sehingga menjadi Koperasi yang berbadan hukum dan siap memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat Desa Berdaya Kepenuhan Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement