Senin 04 Nov 2019 05:00 WIB

Baznas Ajak Milenial Aktif dalam Gerakan Filantropi

Baznas memperkenalkan aplikasi Cari Temu dalam ajang Festival Filantrop Muda 2019.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Baznas. (ilustrasi)
Foto: Baznas.go.id
Baznas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak milenial untuk aktif dalam gerakan filantropi terutama dalam zakat, infak dan sedekah.  Ajakan ini dilakukan dalam berbagai kegiatan yang Baznas lakukan pada Festival Filantrop Muda 2019 "Next Generousion" di  Epiwalk Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan Sabtu (2/11) dan Ahad (3/11).

Para milenial dapat berbagi, membantu masyarakat  yang tengah membutuhkan melalui berbagai layanan digital yang disediakan Baznas seperti dalam aplikasi Cari Temu. Layanan ini merupakan Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk menemukan data korban bencana baik meninggal, hilang, maupun dirawat di rumah sakit atau rumah penduduk.

Layanan ini lahir satu tahun lalu untuk membantu para keluarga korban bencana gempa bumi di Lombok, Palu dan tsunami Banten dalam mencari kerabatnya, namun dapat juga digunakan pada saat kondisi kebutuhan yang lain.

Direktur Utama Baznas, Arifin Purwakananta mengatakan, kegemaran para milenial memanfaatkan layanan serba cepat dan mudah tidak selalu bermakna negatif. Para milenial dapat secara aktif membantu masyarakat yang sedang membutuhkan dengan menggunakan fasilitas teknologi yang akrab dengan gaya hidupnya.

"Aplikasi Cari Temu yang dibuat oleh Baznas ini sangat mudah digunakan untuk mencari, menemukan dan melaporkan apabila menemukan orang yang sedang dalam pencarian," kata Arifin dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.co.id, pada Ahad.

Aplikasi Cari Temu juga dilengkapi dengan menu SOS. Selain tersedia dalam aplikasi, layanan Cari Temu juga dapat diakses dari situs caritemu Baznas.

Dalam Festival Filantrop Muda 2019, Baznas juga menampilkan aksi para relawan muda Baznas Tanggap Bencana dalam melakukan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas, karena sebab-sebab tertentu menggunakan metode resusitasi jantung paru-paru atau Cardiopulmonaryresuscitation (CPR).

Pengunjung semakin antusias saat diberikan kesempatan untuk mencoba gerakan-gerakan penyelamatan ini. "Cara paing mudah bagi para milenial untuk membantu sesama ketika mereka membutuhkan ialah dengan berdonasi melalui kanal digital. Baznas bekerjasama dengan berbagai platform digital yang membuat donasi semudah berbelanja online dan memesan ojek," kata Arifin.

Dalam stand Baznas di area 6a Festival Filantrop Muda 2019, pengunjung dapat langsung berdonasi hanya dengan memindai QR code yang disediakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement