Sabtu 02 Nov 2019 10:52 WIB

Kemenag: Toleransi Modal Dasarnya Ada di Rumah Tangga

Masyarakat Indonesia harus mengajarkan toleransi mulai dari keluarganya masing-masing

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah
Kapuslitbang Kehidupan Keagamaan dari Kementerian Agama RI - Muharam Marzuki
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Kapuslitbang Kehidupan Keagamaan dari Kementerian Agama RI - Muharam Marzuki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslitbang) Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag), Muharam Marzuki mengatakan, kehidupan rumah tangga merupakan modal penting untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama. Karena itu, menurut dia, masyarakat Indonesia harus mengajarkan toleransi mulai dari keluarganya masing-masing.

“Itu modal dasarnya ada di rumah tangga, bagaimana membangun toleransi keluarga yang kuat dalam hidup bermasyarakat , berbangsa, dan juga dalam tolernasi dalam kehidupan keagamaan,” kata Muharram kepada Republika.co.id belum lama ini.

Baca Juga

Di menjelaskan, toleransi di Indonesia selama ini sudah terbangun dengan baik. Karena itu, menurut dia, saat ini pemerintah tinggal mendukung sikap toleransi itu secara terus menerus, sehingga tercipta masyarakat yang harmonis.

Menurut dia, toleransi umat beragama di Indonesia merupakan sebuah kekuatan untuk membangun bangsa ini. Namun, dia mengingatkan kepada umat beragama di Indonesia agar tidak mempraktikkan sikap toleransi secara berlebihan. “Kalau toleransi dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, berkeluarga itu harus dikembangkan. Tapi, kalau toleransi yang kebablasan menyangkut aqidah seseorang, itu bukan toleransi yang membangun,” ujar Muharam.

 

Dia mengatakan, umat beragama hanya perlu memperkuat aqidahnya sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing, termasuk aqidah keluarganya ataupun masyarakatnya. Dengan demikian, kata dia, nantinya mereka akan memiliki komitmen tinggi terhadap keayakinan agamanya masing-masing untuk hidup rukun dengan umat agama lain. “Jadi masing-masing perkuat keyakinan agamanya, bagi keluarganya, anaknya, istrinya, suaminya menjadi seorang panganut agama yang kuat,” ucapnya. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement