Sabtu 19 Oct 2019 15:19 WIB

Dompet Dhuafa dan LAZ Chevron Hadirkan Kebun Sehat

Masyarakat menggunakan lahan non produktif untuk pemenuhan nutrisi rumah tangga.

Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa bersama dengan Laznas (Lembaga Amil Zakat Nasional) Chevron menghadirkan program Kebun Sehat Keluarga (KSK) di Ciracas, Jakarta Timur Sabtu (19/10).
Foto: dompet dhuafa
Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa bersama dengan Laznas (Lembaga Amil Zakat Nasional) Chevron menghadirkan program Kebun Sehat Keluarga (KSK) di Ciracas, Jakarta Timur Sabtu (19/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa bersama dengan Laznas (Lembaga Amil Zakat Nasional) Chevron menghadirkan program Kebun Sehat Keluarga (KSK) di Ciracas, Jakarta Timur Sabtu (19/10). KSK merupakan program yang bertujuan untuk membantu pemberdayaan kesehatan masyarakat dalam memanfaatkan lahan non produktif, guna pemenuhan kebutuhan nutrisi harian rumah tangga.

Program yang bekerjasama dengan Laznas Chevron ini menargetkan 80 kepala keluarga sebagai penerima manfaat. Lokasi kegiatan akan difokuskan di daerah Ciracas, Jakarta Timur. Tepatnya di daerah Gedong Air.

Baca Juga

"Sebagai bagian dari program produktif Laznas Chevron Jakarta di pilar kesehatan,  kami ingin menggaungkan pola hidup sehat dengan makan sayur mayur.Harapan kami, para Penerima Manfaat selalu sehat," kata Satya Prihatmoko selaku Direktur Laz Chevron.

Dengan adanya KSK, penerima Manfaat tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengobatan jika mereka bisa menjaga kesehatannya. Metode penanaman yang digunakan yakni model vertikultur.

Sistem itu dilaksanakan secara vertikal atau bertingkat pada skala indoor maupun outdoor. Selain dapat tercipta pemanfaatan lahan non produktif, oleh masyarakat sebagai sumber nutrisi harian rumah tangga mereka.

LKC Dompet Dhuafa dengan tim programnya telah melakukan survey untuk menentukan calon penerima manfaat. Nantinya data yang didapat dari survey akan diolah untuk data dasar sebagai acuan pelaksanaan program.

"Saya sangat terima kasih kepada Layanan Kesehatan Cuma - Cuma Dompet Dhuafa dan Laz Chervon yang sudah mengingatkan kepada warga kami untuk pentingnya menerapkan hidup sehat di area rumah," ucap Dewi Wudiastuti selaku Lurah Rambutan.

Ada tiga tujuan utama dari program KSK, yaitu mengenalkan penanaman model vertikultur, memberikan informasi pembuatan kompos cair dan kompos kering, kemudian edukasi seputar sumber pangan gizi seimbang.Nantinya diharapkan pengetahuan masyarakat tentang budi daya serta fungsi pemanfaatan terkait sumber pangan sebagai pemenuhan nutrisi sehari hari dapat meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement