Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

IZI Kembali Luncurkan Program Smart Farm di Banten

Senin 21 Oct 2019 22:10 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi  petani membawa bawang merah di Brebes, Jawa Tengah

Ilustrasi petani membawa bawang merah di Brebes, Jawa Tengah

IZI turut melibatkan agropreneur dalam program smart farming.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) kembali meluncurkan Program Smart Farm Academy IZI untuk wilayah Tigaraksa, Kronjo, Kresek, Mekar Baru dan Solear, Kab. Tanggerang, Banten. Dalam kesempatan ini, sebanyak 12 petani muda siap untuk menggarap lahan yang akan ditanami sayur-sayuran seperti kangkung, caisim, bayar merah dan jenis sayuran lainnya.

GM Pendayagunaan IZI, Haryono dalam sambutannya turut menyosialisasikan Program Smart Farm ini ke stakeholder dan elemen masyarakat setempat yang turut hadir. Persemian pun dilakukan dengan memanen salah satu jenis sayuran yang sudah diuji coba di lahan yang akan digarap tersebut. Setelah diresmikannya, para peserta ini memang akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan selama tiga bulan.

Sementara itu, Pradaya selaku Kacab IZI perwakilan Banten berharap Program Smart Farm di Tangerang, Banten ini dapat meningkatkan dan memperdayakan petani duafa dalam taraf hidup yang lebih baik. "Seiring dengan jumlah lahan yang makin sempit dibanding kebutuhan hasil tani yakni sayur-mayur dan profesi petani muda atau milenial yang kurang diminati. Semoga Smart Farm ini dapat menjadi asa baru bagai kaum milenial dalam berbisnis," ujar Pradaya, dikutip dalam situs resmi IZI, Ahad (20/10).

Adapun Smart Farm Academy IZI yang diresmikan pada awal Mei 2019 ini merupakan program baru yang akan menjadi fokus IZI dalam memberdayakan petani duafa untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga petani itu sendiri khususnya.

Dalam program ini IZI turut melibatkan agropreneur sebagai generasi muda atau kaum milenial yang memang mempunyai jiwa entrepreneur atau wirausaha dan berani maju untuk bersaing, bertanding dan bersanding dengan para pebisnis di bidang pertanian.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA