Sabtu 19 Oct 2019 12:33 WIB

Polda Sumbar Buka Liga Santri Sumbar 2019

Liga Santri Sumbar 2019 ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani
Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal
Foto: Febrian Fachri/Republika
Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal membuka Liga Santri se-Sumatera Barat pada Jumat (18/10). Liga Santri Sumbar 2019 ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2019.

"Kepada para santriwan santriwati dan pelajar SMA, saya mengucapkan selamat bertanding dengan menjunjung tinggi jiwa sportivitas dan tunjukkan yang terbaik," kata Fakhrizal, melaui siaran pers yang diterima Republika, Sabtu (19/10).

Liga Santri se-Sumbar ini mempertandingan berbagai cabang. Mulai dari Musabawah Qira’atil Qutub, Musabaqah Syahril Qur’an, Tahfizul Qur’an, dan juga cabang olah raga Volly Ball serta Futsal.

Kapolda Sumbar menyebut peringatan Hari Santri ini sangat penting untuk mengenang jasa besar para santri ketika memperjuangkan kemerdekaan RI. Di mana untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Santri ikut angkat senjata, gerilya sampai ikut dalam urusan diplomasi.

Fakhrizal berharap melalui peringatan hari santri, para santri dan pemuda Indonesia dapat meneladani nilai-nilai moral yang selalu dianut santri terdahulu. Kapolda ingin santri masa sekarang dapat memegang peranan penting dalam menjaga perdamaian di Indonesia sampai ke ranah internasional di masa depan.

Fakhrizal membuka Liga Santri yang diadakan di Pondok Pesantren Nurul Yakin Ringan-ringan, Kabupaten Padang Pariaman. Pembukaan Liga Santri se-Sumbar ini dihadiri Ahlul Bait Pendiri Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-ringan, Syaikhul Ma’had (guru besar), Syekh Zulhamdi Tuanku Kerajaan Nan Soleh, para Pejabat Utama Polda Sumbar, Bupati Padang Pariaman, Kapolres Padang Pariaman. Kemudian ada juga Camat Enam Lingkuang, Wali Nagari Pakandangan, para Kapolsek jajaran Polres Padang Pariaman, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat serta para santri santriwati Pondok Pesantren dan pelajar SMA se Sumbar.

“Saya atas nama Polda Sumbar beserta jajaran mengucapkan selamat datang di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan Ringan Kabupaten Padang Pariaman," ucap Kapolda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement